Minggu 05 Juli 2020, 20:09 WIB

Istana: Standardisasi Harga Rapid Test Keluar Dalam Waktu Dekat

Andhika Prasetyo | Humaniora
Istana: Standardisasi Harga Rapid Test Keluar Dalam Waktu Dekat

ANTARA/Didik Suhartono
Sopir truk menunjukkan stiker 'Stop Rapid Test Berbayar' saat berunjuk rasa di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (3/7).

 

TENAGA Ahli Utama Kantor Staf Presiden Donny Gahral Adian mengungkapkan payung hukum terkait standardisasi harga rapid test akan keluar dalam waktu dekat.

Pemerintah, saat ini, tengah menggodok aturan tersebut agar harga pengetesan cepat bisa dikendalikan sehingga tidak membebani masyarakat.

"Standardisasi harga memang jadi perhatian pemerintah. Tidak lama lagi akan ada itu. Kita akan pastikan masyarakat bisa melaksanakan tes cepat dengan harga terjangkau," ujar Donny kepada Media Indonesia, Minggu (5/7).

Ia mengatakan, sedianya, kewenangan terkait penyeragaman harga berada di tangan Kementerian Perdagangan. Namun, mereka tetap harus berkoordinasi dengan kementerian/lembaga lain untuk dapat melahirkan kebijakan yang tepat.

"Standardisasi seharusnya di Kemendag tapi harus tetap ada komunikasi dengan Kementerian Kesehatan dan yang lain," tuturnya.

Baca juga: Rapid Test Dikomersialkan, Epidemiolog: Jangan Pakai Lagi

Saat ini, penyedia jasa rapid test memang menaruh harga yang bervariasi. Donny membeberkan hal tersebut bisa terjadi lantaran sebagian besar alat kesehatan itu masih diimpor dari banyak perusahaan dari negara yang berbeda-beda.

"Itu yang membuat harga di sini tidak seragam. Kita tidak bisa menyalahkan importir, tapi kita juga tidak mau masyarakat dirugikan karena ini," jelas dia.

Oleh karena itu, upaya pengembangan peralatan rapid test secara masif di dalam negeri juga bisa menjadi opsi. Dengan begitu, pemerintah bisa mengatur industri tersebut mulai dari sisi hulu sampai ke hilir sehingga output yang dihasilkan, mulai dari kualitas sampai harga, akan seragam.

"Tapi untuk jangka pendek kita akan upayakan standardisasi," tandasnya. (A-2)

Baca Juga

Ist

PTI Beri Pelatihan Wirausaha Kulirer kepada Sahabat Disabilitas

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 05:58 WIB
Berkolaborasi dengan  sekolah Highscope Bintaro, pelatihan ini diadakan antara lain untuk menjadi bagian dalam mengatasi kondisi...
Dok Kemendikbud

Bersama Hadapi Korona, Bersama Bangkitkan Bangsa

👤S2-25 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 05:21 WIB
Meski dalam kondisi situasi pandemi, visi dan misi Presiden dan Wakil Presiden dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan...
Instagram/NIKIZEFANYA

Niki Rekaman Single tanpa Metronom

👤MI 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 04:40 WIB
PENYANYI Niki 21, melakukan sekali rekaman untuk single Lose yang dirilis pada Kamis...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya