Minggu 05 Juli 2020, 19:12 WIB

PDIP Dukung Evaluasi Kabinet,Pakar: Patut Dicontoh Parpol Koalisi

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
PDIP Dukung Evaluasi Kabinet,Pakar: Patut Dicontoh Parpol Koalisi

MI/Susanto
Peneliti LIPI Siti Zuhro

 

PENELITI Senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro menilai sikap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang mendukung evaluasi dan langkah taktis Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menghadapi pandemi covid-19 patut diikuti partai lain dalam koalisi.

Kemudian, partai pendukung pemerintah harus menyediakan menteri yang kompeten supaya mampu menjalankan tugas dengan baik.

"Ya bagus sikap PDIP. Berarti partai pendukung mendukung beneran. Paling tidak partai menyediakan orang yang kompeten untuk posisi menteri," kata Siti dalam keterangan resmi, Minggu (5/7).

Siti menilai, teguran Jokowi kepada jajaran menterinya pada rapat kabinet lalu bisa berujung pada reshuffle kabinet. Reshuffle kabinet menjadi suatu keniscayaan jika melihat kecenderungan orang nomor satu di pemerintahan itu yang ingin memenuhi harapan masyarakat.

Baca juga : Golkar Targetkan Menang Pilkada di 60% Daerah

"Jokowi sudah tahu rakyat tidak puas pada pemerintah. Rakyat bahkan sedang mempertanyakan apa kerja pemerintah sekarang. Ini sudah periode kedua, jadi Presiden tidak perlu pakewuh (merasa sungkan)," ujarnya.

Merujuk pada sikap PDIP yang mendukung penuh kebijakan Presiden Jokowi, termasuk dalam hal evaluasi menteri, Siti mengatakan parpol pendukung pemerintah juga harus rela bila kadernya di kabinet dievaluasi kinerjanya.

"Bila ada parpol yang jatah menterinya dikurangi, ya parpol harus terima. Bagus kalau partai punya stok kader ahli di bidangnya. Tak hanya soal kesehatan dan sosial ekonomi, tapi juga pendidikan, itu penting direkrut orang yang tepat. Jangan uji coba lagi, lah. Waktunya terlalu pendek untuk trial and error," pungkasnya. (OL-7)

Baca Juga

Antara

Pembentukan Lembaga Pengawas Independen Masti Masuk RUU PDP

👤Putri Rosmalia Octaviyani 🕔Senin 10 Agustus 2020, 15:13 WIB
Lembaga atau otoritas pengawas independen dalam RUU Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP) dinilai sebagai hal yang tidak bisa...
DOK DPR RI

RUU Ciptaker Dapat Melemahkan Peran KPI

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 10 Agustus 2020, 15:00 WIB
RUU Ciptaker yang memasukkan kandungan revisi UU Penyiaran Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran berpotensi melemahkan peran Komisi...
Ant/Muhammad Adimaja

Mendagri: Pemda Kunci dalam Penanganan Bencana

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 10 Agustus 2020, 14:56 WIB
Pemerintah daerah mempunyai peranan kunci dalam penanganan bencana alam gempa dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya