Minggu 05 Juli 2020, 11:57 WIB

Kasus Positif Covid-19 di Banyuwangi Bertambah

Usman Afandi | Nusantara
Kasus Positif Covid-19 di Banyuwangi Bertambah

ANTARA FOTO/Budi Candra Setya
Pengunjung mencuci tangan ditempat yang disediakan Taman Wisata Alam (TWA) Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (30/6/2020).

 

GUGUS Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur  mengumumkan adanya penambahan 4 pasien terinfeksi covid-19. Sehingga saat ini total ada 33 pasien covid-19 di Banyuwangi. Juru Bicara Gugus Tugas Penaganan Covid-19 Banyuwangi, dr Widji Lestariono mengatakan, selain terdapat penambahan pasien positif, juga terdapat 5 pasien yang sembuh. Sehingga total pasien sembuh di Banyuwangi ada 14 orang.

"Kami bersyukur setelah menjalani perawatan selama beberapa waktu, ada lima pasien positif yang telah sembuh. Kelimanya adalah pasien nomor 18, 21, 22, 23 dan 25. Tingkat kesembuhan di Banyuwangi saat ini 42,4 persen, masih lebih baik dibanding rata-rata di Jatim. Kami berharap ini bisa terus naik angka kesembuhannya, dengan treatment yang dilakukan teman-teman medis dan kesehatan," ujar, dr Widji Lestariono di Banyuwangi Sabtu (4/7).

Ia menambahkan kelima pasien sembuh tersebut sudah beberapa kali menjalani tes swab dengan hasil negatif, sehingga mereka semua sudah dipulangkan namun tetap harus menjalani protokol kesehatan.

"Kelima pasien yang dinyatakan sembuh hari ini sudah menjalani  dua kali tes swab dengan hasil negatif. Kini semua pasien telah dipulangkan. Namun tetap dipantau untuk menjalani iolasi mandiri selama 14 hari di rumah," imbuhnya.'

Sementara itu terkait pasien positif, untuk pasien konfirmasi 30 dan 31 keduanya merupakan rekan kerja sebuah yayasan dana sosial keagamaan di Banyuwangi. Masing-masing berusia 28 tahun dan 21 tahun, berasal dari Kecamatan Srono dan Muncar.

"Keduanya sempat melakukan survei penyaluran hewan kurban ke Jember dan Bondowoso. Kedua pasien ini melakukan survei bersama lima rekannya dari Surabaya," terangnya.

Kemudian, mereka mendengar kabar bahwa rekannya dari Surabaya yang ditemui di Jember dan Bondowoso terkonfirmasi positif Covid-19. Lalu dilakukan tes swab di RSUD Genteng. Hasilnya keluar pada 3 Juli, positif Covid-19.

"Saat ini keduanya dirawat intensif di RSUD Genteng," urainya.

baca juga: Warga Tegal Tidak Pakai Masker Diminta Baca Teks Pancasila

Selanjutnya pasien positif 32 merupakan pria asal Kecamatan Bangorejo, 24 tahun. Pasien positif ini merupakan pramusaji di salah satu cafe di Kecamatan Gambiran. Sedangkan pasien konfirmasi positif 33 merupakan seorang pria usia 60 tahun asal Kecamatan Bangorejo yang juga sebagai seorang pedagang.

"Gugus Tugas telah melakukan tracing terhadap kontak erat keempat pasien positif terbaru ini untuk dilanjutkan dengan tindakan sesuai protokol kesehatan," ungkap Widjo Lestariono. 

"Adanya penambahan pasien ini menjadi sebuah peringatan bagi kita semua bahwa saat ini masih terjadi penularan virus Covid-19. Maka disiplin terhadap protokol kesehatan wajib dilakukan oleh kita semua," pungkasnya. (OL-3)
 

Baca Juga

Dok ditlantas jateng

Polantas Semarang Beri SIM Merdeka Biaya untuk Pelajar Asal Papua

👤RO/Micom 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 10:37 WIB
Kebijakan Arman Achdiat, disebut Hendardi, tergolong mewakili negara. Sederhana tetapi sarat penghayatan dan meluhurkan nilai-nilai...
MI/Benny Bastiandy

Pascakebakaran, Pemkab Cianjur Segera Relokasi Ratusan Pedagang

👤Benny Bastiandy 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 10:13 WIB
Kebakaran hebat melanda Pasar Ciranjang, Kabupaten Cianjur, Ratusan pedagang kini direlokasi karena hampir seluruh los pasar terbakar. Dari...
MI/Gabriel Langga

Warga Mapitara Tidak Nikmati Listrik Sejak Indonesia Merdeka

👤Gabriel Langga 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 09:55 WIB
Lima kampung di Kecamatan Mapitara, Kabupaten Sikka tidak menikmati listrik PLN sejak 1945 sampai sekarang. Warga setempat hanya...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya