Minggu 05 Juli 2020, 11:19 WIB

Masih Ramai, HBKB di Banjir Kanal Timur akan Dievaluasi

Tri Subarkah | Megapolitan
Masih Ramai, HBKB di Banjir Kanal Timur akan Dievaluasi

MI/Ramdani
Warga berolahraga menggunakan sepeda di kawasan Bundaran HI, Jakarta

 

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta telah menghentikan kegiatan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day di ruas jalan prokotol Sudirman Thamrin. Sebagai gantinya, sejak Minggu (28/6) lalu, kegiatan tersebut dipencar ke 32 lokasi yang tersebar di lima daerah administrasi. Salah satu lokasi yang dijadikan kegiatan HBKB di Jakarta Timur adalah kawasan Banjir Kanal Timur (BKT). Berdasarkan pantauan Media Indonesia, pelaksanaan HBKB di sana terpantau padat pada pekan kedua.

Kawasan BKT didominasi oleh warga yang menghabiskan waktunya untuk berjalan kaki, lari, maupun bersepeda. Meskipun demikian, ada juga yang hanya sekadar berkumpul dengan keluarga. Di beberapa titik, terlihat petugas Satpol PP yang selalu mengingatkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan, utamanya imbauan untuk mengenakan masker.

Wakil Walikota Jakarta Timur Uus Kuswanto mengatakan animo masyarakat cukup luar biasa untuk datang ke kawasan BKT pagi ini. Ia berharap warganya dapat memanfaatkan titik-titik di Jakarta Timur yang telah dimanfaatkan sebagai tempat untuk HBKB selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi.

"Mudah-mudahan kesempatan ini dimanfaaatkan dengan sebaik-baiknya dengan warga masyarakat, sehingga nggak perlu ke Sudirman-Thamrin, cukup di sekitar Jakarta Timur," kata Uus di lokasi, Minggu (5/7).

Ramainya kawasan BKT untuk kegiatan HBKB, lanjut Uus, juga akan dievaluasi. Kendati demikan, ia mengatakan usulan pihaknya terhadap pelaksanaan HBKB di Jakarta Timur sebelumnya telah dipenuhi oleh Pemprov.

"Ya mungkin ke depannya kita evaluasi lagi. Yang jelas yang sudah kita usulkan sudah dipenuhi, sudah ditindaklanjuti oleh provinsi, yang diusulkan kita sudah dipenuhi. Salah satu yang diusulkan Jalan Raden Inten, untuk menambah rute dari KBT (Kanal Banjir Timur--red) itu sendiri," tandasnya.

Meskipun ramai, beberapa warga tidak merasa kahwatir untuk berolahraga di kawasan BKT. Tarwianto, 70, misalnya, tetap datang ke sana untuk sekadar berjalan kaki. Warga Pondok Kelapa tersebut mengaku tidak khawatir akan penularan covid-19 karena telah membekali diri dengan masker.

"Karena saya sendiri kan make masker, nggak sembarangan. Apalagi saya kan umurnya sudah tua, sudah usia lanjut. Saya ingin sehat aja," katanya.

Senada, Erlin, 37, juga mengatakan tidak khawatir selama dirinya menjaga jarak dengan orang lain. Erlin yang bersepeda dari rumahnya di Pondok Kopi tersebut juga selalu menjaga kebersihan diri setelah berkegiatan di saat HBKB.

baca juga: Pesepeda: Jalur Khusus Sepeda Harus Terkoneksi

"Sampai rumah bersih-bersih, cuci tangan, ganti baju semuanya. Virusnya jangan dibawa masuk ke dalam rumah," pungkasnya. (Tri)

Di Jakarta Timur sendiri, ada lima lokasi yang dijadikan kawasan untuk HBKB. Selain di BKT, empat kawasan lainnya adalah Jalan Pemuda, Jalan RA Fadilah, Jalan Raden Inten, dan Jalan Bina Marga. Pelaksanaan HBKB tersebut dimulai sejak pukul 06.00-09.00 WIB. (OL-3)


 

Baca Juga

MI/ Ramdani

Karyawan Positif Korona, Pemprov DKI Tutup 44 Perusahaan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 10 Agustus 2020, 18:52 WIB
Selain itu, Disnaker DKI juga menutup tujuh perkantoran yang didapati melanggar protokol...
Ilustrasi

Polisi Bongkar Praktik Konten Pornografi di Grup Line

👤Tri Subarkah 🕔Senin 10 Agustus 2020, 18:44 WIB
Ada tiga orang yang telah ditetapkan tersangka, yakni P, DW, dan RS. Ketiganya merupakan admin dari grup Line yang menawarkan jasa layanan...
Antara

Pelanggar Gage Hari Pertama Hampir Sentuh Angka 500

👤Tri Subarkah 🕔Senin 10 Agustus 2020, 17:59 WIB
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah resmi menerapkan tilang terhadap pelanggar sistem ganjil genap (gage), Senin (10/8), tercatat...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya