Minggu 05 Juli 2020, 11:00 WIB

Terminal Jatijajar Depok Beroperasi Kembali Sesuai SOP Covid-19

Kisar Rajaguguk | Megapolitan
Terminal Jatijajar Depok Beroperasi Kembali Sesuai SOP Covid-19

ASPRILLA DWI ADHA/ANT
PEMERIKSAAN KELAYAKAN ARMADA BUS: Petugas Dinas Perhubungan Kota Depok memeriksa kondisi ban bus saat pemeriksaan kelayakan kendaraan.

 

TERMINAL Jatijajar Depok di Jalan Raya Bogor, Tapos, Kota Depok kembali melayani pemberangkatan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) dan antarkota dalam provinsi (AKDP) dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19.

Pengoperasian terminal tersebut sempat diberhentikan selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejak April 2020. "Terminal dibuka sejak Sabtu (4/7) berdasarkan pengaturan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Setiap armada hanya diperkenankan mengangkut 70% penumpang dari kapasitas maksimal bus," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok Dadang Wihana, Minggu (5/7).

Demikian halnya dengan terminal tipe A di Bogor, Tangerang, Bekasi juga sudah melayani pemberangkatan bus AKAP dan AKDP.

Dadang menjelaskan manajemen terminal sudah menyiapkan protokol covid-19, termasuk setiap bus harus menyerahkan daftar penumpang yang diangkut. Penumpang diwajibkan menggunakan masker.

Selain itu, lanjut dia, setiap bus yang akan berangkat harus disemprot dengan cairan disinfektan. Penyemprotan tersebut sebagai langkah antisipasi mencegah penyebaran virus korona atau covid-19 yang dikhawatirkan dibawa penumpang yang baru datang dari luar kota.

"Kegiatan ini menindaklanjuti instruksi pemerintah pusat, provinsi dan kota, terkait upaya pencegahan penyebaran covid-19, " ucapnya.

Baca juga: Museum Louvre Dibuka Kembali Senin setelah Merugi Rp653 Miliar

Dadang menyebutkan kendaraan seperti bus AKAP dan AKDP harus disterilisasi mengingat mobilitas yang tinggi antarwilayah. Hilir mudik penumpang silih berganti. 

Pemantauan Media Indonesia, Minggu( 5/7) pagi, Terminal Tipe A Jatijajar masih sepi penumpang. 

Agen Perusahaan Otobus (PO) Pahala Kencana menyatakan rata-rata yang  datang ke terminal hanya untuk bertanya persyaratan jadi penumpang bus. "Mereka tidak mau ribet soal persyaratan," sebutnya. (J-2) 

Baca Juga

Antara

Pelanggar Gage Hari Pertama Hampir Sentuh Angka 500

👤Tri Subarkah 🕔Senin 10 Agustus 2020, 17:59 WIB
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah resmi menerapkan tilang terhadap pelanggar sistem ganjil genap (gage), Senin (10/8), tercatat...
MI/ANDRI WIDIYANTO

Pemkot Jakpus Waspadai Munculnya Klaster Baru Dari Para Pemudik

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 10 Agustus 2020, 16:55 WIB
Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi menuturkan pihaknya mewaspadai munculnya klaster baru yang berasal dari warga yang pulang dari mudik...
Ist

Songsong HUT RI Sekaligus Cegah Covid-19, Monas Turut Dibenahi

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 10 Agustus 2020, 16:52 WIB
Monas pun turut dibenahi dan dilengkapi dengan pemasangan keran air, kotak sabun cair, dan edukasi cara mencuci tangan yang baik untuk...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya