Minggu 05 Juli 2020, 11:01 WIB

Irigasi Rusak, Babel Kerahkan Ratusan Pompa Air

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Irigasi Rusak, Babel Kerahkan Ratusan Pompa Air

ANTARA FOTO/Umarul Faruq
Ilustrasi irigasi

 

BELUM baiknya jaringan irigasi di Provinsi Bangka Belitung (Babel) masih menjadi ancaman bagi petani untuk meningkatkan hasil Produksi Gabah Kering Giling (GKG) di provinsi kepulauan itu. Kepala Dinas Pertanian Provinsi Babel, Juaidi mengaku masalah irigasi ini memang menjadi hal yang paling krusial untuk meningkatkan hasil produksi padi di Babel.

"Memang kita banyak mendengar keluhan petani masalah irigasi ini. Mereka mengaku saat musim hujan ancaman padi terendam, saat kemarau padi kekurangan air. Ini suatu dilema bagi mereka," kata Juaidi, Minggu (5/7).

Pemprov Babel memang diakuiknya terus berusaha membantu petani untuk mengatasi masalah irigasi ini. Namun  karena keterbatasan anggaran ditambah dengan pandemi covid-19 sehingga pembangunan dan perbaikan irigasi tahun ini kembali terkendala.

"Memang awalnya tahun ini kita rencana membangun irigasi dan memperbaikinya, tapi terpaksa ditunda akibat covid-19 ini," ujarnya.

baca juga: Mentan SYL Ajak Petani, Penyuluh Dukung Ekspor

Ia berharap tahun depan, pembangunan dan perbaikan saluran irigasi ini dapat kembali dianggarkan, sehingga petani terbantu dan hasil produksi dapat meningkat sesuai target yang ditetapkan. Untuk musim tanam Juli-September, areal yang ditanami 5.170 hektar dengan rincian Juni 1.445 hektar, Juli 484 hektar, Agustus 980 hektar dan September 2.262 hektar

"Insya Allah tahun depan kita anggarkan. Untuk membantu petani agar mencapai target produksi sebesar 15.510 ton pada musim tanam Juni-September, kita akan kerahkan ratusan mesin pompa air," imbuhnya. (OL-3)
 

Baca Juga

DOK MI

Pemprov Jabar Harus Terus Lakukan Tes Massal Covid-19

👤Bayu Anggoro 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 01:15 WIB
Tes covid-19 secara massal menjadi salah satu cara untuk mempercepat  pemutusan rantai penyebaran virus...
ANTARA

Wisma Atlet Jakabaring tidak Lagi Pasien Korona

👤Dwi Apriani 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 00:51 WIB
Meski tak lagi menerima pasien Covid-19, pihaknya Rumah Sehat Covid-19 Wisma Atlet Jakabaring tetap melayani pasien lama yang sedang...
ANTARA

Elpiji 3 Kg Tembus Rp40 Ribu per Tabung di Palu

👤M Taufan SP Bustan 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 00:37 WIB
Menurut seorang pengecer, mereka menjual Rp40 ribu per tabung sudah sesuai karena modal pembelian di tingkat pengepul juga sudah mahal dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya