Minggu 05 Juli 2020, 11:01 WIB

Irigasi Rusak, Babel Kerahkan Ratusan Pompa Air

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Irigasi Rusak, Babel Kerahkan Ratusan Pompa Air

ANTARA FOTO/Umarul Faruq
Ilustrasi irigasi

 

BELUM baiknya jaringan irigasi di Provinsi Bangka Belitung (Babel) masih menjadi ancaman bagi petani untuk meningkatkan hasil Produksi Gabah Kering Giling (GKG) di provinsi kepulauan itu. Kepala Dinas Pertanian Provinsi Babel, Juaidi mengaku masalah irigasi ini memang menjadi hal yang paling krusial untuk meningkatkan hasil produksi padi di Babel.

"Memang kita banyak mendengar keluhan petani masalah irigasi ini. Mereka mengaku saat musim hujan ancaman padi terendam, saat kemarau padi kekurangan air. Ini suatu dilema bagi mereka," kata Juaidi, Minggu (5/7).

Pemprov Babel memang diakuiknya terus berusaha membantu petani untuk mengatasi masalah irigasi ini. Namun  karena keterbatasan anggaran ditambah dengan pandemi covid-19 sehingga pembangunan dan perbaikan irigasi tahun ini kembali terkendala.

"Memang awalnya tahun ini kita rencana membangun irigasi dan memperbaikinya, tapi terpaksa ditunda akibat covid-19 ini," ujarnya.

baca juga: Mentan SYL Ajak Petani, Penyuluh Dukung Ekspor

Ia berharap tahun depan, pembangunan dan perbaikan saluran irigasi ini dapat kembali dianggarkan, sehingga petani terbantu dan hasil produksi dapat meningkat sesuai target yang ditetapkan. Untuk musim tanam Juli-September, areal yang ditanami 5.170 hektar dengan rincian Juni 1.445 hektar, Juli 484 hektar, Agustus 980 hektar dan September 2.262 hektar

"Insya Allah tahun depan kita anggarkan. Untuk membantu petani agar mencapai target produksi sebesar 15.510 ton pada musim tanam Juni-September, kita akan kerahkan ratusan mesin pompa air," imbuhnya. (OL-3)
 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Adwit B Pramono

Sulsel Perpanjang Sekolah dari Rumah

👤Lina Herlina 🕔Senin 10 Agustus 2020, 18:52 WIB
Gubernur Sulsel memperpanjang proses belajar dari rumah mulai 10 hingga 22 Agustus...
Antara/Sastrawan Ginting

Sinabung Kembali Erupsi, Posko dan Dapur Umum Diaktifkan

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Senin 10 Agustus 2020, 18:37 WIB
Sehari sebelumnya, Gunung Sinabung mengeluarkan abu vulkanik dengan ketinggian 2.000 meter. Hari ini, erupsi Gunung Sinabung memiliki...
ANTARA/SYAIFUL ARIF

Satgas Ingatkan Hati Hati Membuka Sekolah Tatap Muka

👤Faishol Taselan 🕔Senin 10 Agustus 2020, 18:35 WIB
Penentuan tatap muka harus hijau dulu, Rate of Transmision (Rt) haru di bawah 1 dulu. Artinya, penularan turun atau tidak ada...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya