Minggu 05 Juli 2020, 10:14 WIB

RS Overload, Sidoarjo Usulkan 5 RS Rujukan Baru

Heri Susetyo | Nusantara
RS Overload, Sidoarjo Usulkan 5 RS Rujukan Baru

MI/Heri Susetyo
Rumah sakit rujukan covid-19 di Kabupaten Sidoarjo kelebihan pasien. Pemkab Sidoarjo usulkan penambahan 5 RS rujukan covid-19.

 

GUGUS Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sidoarjo mengusulkan penambahan lima rumah sakit rujukan baru. Pasalnya seluruh ruang isolasi di tujuh rumah sakit rujukan yang sudah kondisinya overload dipenuhi pasien covid-19.

Tujuh rumah sakit rujukan di Kabupaten Sidoarjo tidak bisa lagi menerima pasien baru covid-19 sejak seminggu terakhir. Hal ini disebabkan seluruh ruang isolasi untuk merawat pasien covid-19 kondisinya sudah penuh. Yaitu RSUD Sidoarjo, RS Mitra Keluarga, RS Siti Hajar, RS SitiKhodijah, RS Anwar Medika, RS Bhayangkara Porong, dan RS Citra Medika. Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sidoarjo mengusulkan penambahan lima rumah sakit rujukan baru. Dua dari lima rumah sakit yang diusulkan jadi rujukan ini adalah rumah sakit untuk ibu hamil.

Lima rumah sakit rujukan baru ini adalah RS Ibu dan Anak Soerya,RS HM Mawardi, RS Rahman Rahim, RS Arafah Anwar Medika dan RS Aisyiah Siti Fatimah.Izin untuk rumah sakit rujukan baru ini masih menunggu surat keputusan pemerintah pusat. 

Sambil menunggu surat keputusan dari pusat, lima rumah sakit tadi tetap akan dijadikan tempat untuk merawat pasien covid-19. Pemkab Sidoarjo akan menggunakan uang APBD terlebih dulu untuk membiayai perawatan pasien covid-19 di lima rumah sakit tadi.

"Sedang saya usulkan nanti dikeluarkan Perbup-nya (peraturan bupati) mereka bisa kalau belum dibayar pusat akan dicukupi APBD. Kalau APBD sudah mendukung mereka siap," kata Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo, Syaf Satriawarman, Minggu (5/7).

baca juga: Kasus Korona Kian Tak Terbendung di Kota Malang

Untuk mengurangi jumlah pasien di 7 rumah sakit rujukan sebelumnya, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sidoarjo mengeluarkan peraturan baru untuk memindahkan pasien dengan hasil negatif pada tes swab pertama ke sejumlah tempat isolasi yang telah disediakan. Hingga hari Minggu (5/7), pasien covid 19 di Kabupaten Sidoarjo mencapai 1.885 orang, pasien sembuh sebanyak 263 orang dan meninggal dunia 119 orang. Sementara jumlah PDP 836 orang dan ODP 1.412 orang. (OL-3)


 

Baca Juga

Antara/Sastrawan Ginting

Sinabung Kembali Erupsi, Posko dan Dapur Umum Diaktifkan

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Senin 10 Agustus 2020, 18:37 WIB
Sehari sebelumnya, Gunung Sinabung mengeluarkan abu vulkanik dengan ketinggian 2.000 meter. Hari ini, erupsi Gunung Sinabung memiliki...
ANTARA/SYAIFUL ARIF

Satgas Ingatkan Hati Hati Membuka Sekolah Tatap Muka

👤Faishol Taselan 🕔Senin 10 Agustus 2020, 18:35 WIB
Penentuan tatap muka harus hijau dulu, Rate of Transmision (Rt) haru di bawah 1 dulu. Artinya, penularan turun atau tidak ada...
MI/Hijrah

Nasib Pelaku yang Menangkap Ikan Pakai Bahan Peledak Rakitan

👤Hijrah Ibrahim 🕔Senin 10 Agustus 2020, 18:00 WIB
Direktorat Polisi Air dan Udara Polda Maluku Utara menangkap 2 orang warga Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara yang menangkap ikan...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya