Minggu 05 Juli 2020, 06:20 WIB

Kejahatan Siber Meningkat Selama Pendemi

Google & Atlas VPN/AT&T/IC3/Statista/Interpol/Trend Micro/Patrolisiber.id/Tim Riset MI-NRC | Weekend
Kejahatan Siber Meningkat Selama Pendemi

Google & Atlas VPN/AT&T/IC3/Statista/Interpol/Trend Micro/Patrolisiber.id/Tim Riset MI-NRC

PANDEMI covid-19 secara tak langsung memaksa orang-orang untuk tetap berada di rumah dan lebih sering menggunakan internet, baik untuk belajar, bekerja, maupun belanja. Sayangnya, tetap di rumah tidak membuat orang aman dari dampak korona, termasuk di dunia maya.

Penyebabnya, para penjahat siber memanfaatkan kecemasan yang disebabkan covid-19 untuk melakukan berbagai serangan, seperti malware pengumpulan data, ransomware, penipuan online, dan yang paling umum, yaitu phishing.

Berdasarkan data dari Google, serangan phising yang memanfaatkan konten bertema covid-19 ini marak muncul sejak Januari 2020 dengan jumlah sekitar 149 ribu dan menjadi hampir dua kali lipat pada Februari, 293 ribu, dan pada Maret sudah mencapai 522 ribu. Data lain dari Trend Micro juga menunjukkan peningkatan yang serupa. Bahkan, pada Maret, jumlah phising menurut Trend Micro mencapai hampir sejuta kasus, dengan berbagai media penyaluran, semisal berkas dokumen, web palsu, dan yang paling banyak melalui e-mail.

Data yang dapat dicuri tersebut kemudian digunakan untuk tujuan jahat yang berbeda, termasuk mengakses rekening bank dan memeras korban dalam pertukaran tebusan, seperti yang terjadi pada 2017 ketika banyak perusahaan terkena ransomware Wannacry.

Sementara itu, di Indonesia, peningkatan serangan siber selama pandemi juga terjadi. Berdasarkan data yang dirilis Patrolisiber.id pada Januari hingga pertengahan Juni 2020, jumlah kejahatan siber yang dilaporkan ialah 2.259 kasus dengan 527 kasus selesai. Platfrom yang paling banyak digunakan untuk melakukan kejahatan tersebut ialah Whatsapp dengan 1.874 kasus, diikuti Instagram (1.781), dan Facebook (854).

Sejarah Kejahatan Siber

1834 Pencuri meretas French Telegraph System dan mencuri informasi pasar keuangan.

1878 Bell Telephone Company mengusir sekelompok remaja dari sistem telepon New York yang memutuskan panggilan pelanggan.

1939 Alan Turing dan Gordon Welchman mengembangkan BOMBE, mesin elektro mekanis, selama PD II untuk memecahkan kode Enigma Jerman.

1970-1995 Kevin Mitnick menembus jaringan yang paling dijaga di dunia, termasuk Nokia dan Motorola. Dia menjadi penjahat siber paling dicari saat itu.

1981 Ian Murphy meretas jaringan AT&T. Ia orang pertama yang dihukum karena kejahatan dunia maya.

1989 Disket informasi AIDS dikirimkan kepada ribuan peneliti dan pelanggan majalah komputer. Disket itu berisi Trojan.

2017 Wannacry menargetkan kerentanan Windows. Dalam beberapa hari, puluhan ribu bisnis dan organisasi terkunci dengan enkripsi Wannacry. Penyerang menuntut
US$300 per komputer untuk membuka kunci kode.

Beberapa Jenis Kejahatan Siber
Phising Bertujuan memperoleh informasi penting, seperti username dan password, yang sebagian besar dilakukan melalui e-mail.
Malicious domains Peretas menciptakan ribuan situs baru untuk melakukan spam, phishing, atau menyebarkan malware.
Malware Sebutan berbagai perangkat lunak berbahaya, termasuk ransomware. Malware dapat mengambil alih sistem perangkat dan mencuri
data.
Rekayasa sosial Peretas menggunakan ini untuk mengakses data pribadi korban. Mereka menggunakannya untuk membajak akun dan
peniruan identitas.
Denial of service Mencegah pengguna mengakses situs. Penyerang membanjiri situs dengan request sehingga server tidak mampu menampung request
baru.

Baca Juga

Dok Nona

Brand Lokal Nona Berkonsep Loose Wear, Lahir dari Engineer

👤Retno Hemawati 🕔Jumat 14 Agustus 2020, 23:55 WIB
Untuk setiap detail cutting design koleksi pakaiannya sangat diperhatikan karena berasal dari tangan wanita seorang mantan...
AFP

Netflix Buka Lebar Produksi Konten Lokal

👤Antara 🕔Jumat 14 Agustus 2020, 21:27 WIB
Netflix selalu menerima segala masukan mengenai tayangan yang ingin dilihat masyarakat Indonesia, termasuk tayangan original bermuatan...
Dok Netflix

Bioskop Diyakini Tetap Tak Tergantikan

👤Fathurrozak 🕔Jumat 14 Agustus 2020, 19:55 WIB
Setelah pandemi, keberadaan bioskop akan berdampingan dengan VoD...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya