Minggu 05 Juli 2020, 03:41 WIB

Jadikan Kuliah Daring Metode Next Normal

Dhk/Aiw/X-6 | Humaniora
Jadikan Kuliah Daring Metode Next Normal

ANT/I.C Senjaya
Rektor Yos Johan Utama memberikan sambutan dalam wisuda ke-158 Undip Semarang, Selasa, 16 Juni 2020 yang dilaksanakan secara daring.

 

PANDEMI covid-19 telah membuat pendidikan tinggi meninggalkan cara-cara lama dan mengadopsi cara-cara baru perkuliahan. Metode pembelajaran secara daring pun menjadi kenormalan baru.

Dalam konteks itu, Presiden Joko Widodo meminta dunia pendidikan tinggi cepat beradaptasi dengan perubahan zaman dan tuntutan menciptakan sumber daya manusia (SDM) kompetitif. “Kuliah daring yang sebelumnya sangat lamban dijalankan, kini semakin berkembang.

Kuliah daring telah menjadi new normal bahkan menjadi next normal dan saya yakin akan tumbuh normalitas-normalitas baru lebih inovatif dan lebih produktif,” ucap Presiden saat membuka Konferensi Forum Rektor Indonesia (FRI) 2020 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu (4/7).

Presiden pun meminta FRI untuk dapat mengembangkan strategi baru yang dapat menjadikan perguruan tinggi mampu mencetak generasi unggul .

Ketua FRI 2019 sekaligus Rektor Universitas Diponegoro, Yos Johan Utama, membenarkan bahwa pandemi covid-19 telah menggetarkan pundi-pundi kehidupan. Pembelajaran tatap muka berubah sangat cepat menjadi pembelajaran secara daring.

“Dalam kesempatan ini perkenankanlah kami Forum Rektor Indonesia mengapresiasi kebijakan pemerintah yang telah memberikan bantuan biaya kuliah,” kata Yos Johan.

Yos juga meminta pemerintah dapat pula membantu mahasiswa dan dosen dalam pelaksanaan proses pembelajaran jarak jauh (PJJ), yaitu dengan menggratiskan biaya internet. Sebab, biaya internet yang dibutuhkan untuk pelaksanaan PJJ dinilai cukup memberatkan bagi mahasiswa dan dosen. (Dhk/Aiw/X-6)

Baca Juga

MI/Andry Widyanto

Atasi Banjir, Pemerintah Bangun Sodetan di Kali Sunter Jaktim

👤Deden Muhamad Rojani 🕔Selasa 22 September 2020, 16:35 WIB
Untuk mengurangi beban tingginya debit air kali Sunter, Pemerintah Kota Jakarta Timur membangun sodetan sepanjang sekitar seratus meter...
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Pemerintah Diminta Tegur Provider yang Manfaatkan Program Subsidi

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 22 September 2020, 16:30 WIB
“Beberapa hari lalu, beberapa iklan provider memberikan ini itu kepada sekolah, misalnya kepala sekolah diberi ini itu agar...
Antara

Banjir Bandang Sukabumi karena Tingginya Curah Hujan Hingga 110 mm

👤Atalya Puspa 🕔Selasa 22 September 2020, 16:05 WIB
Hujan lebat ini dipicu oleh kondisi atmosfer yang labil dan diperkuat dengan adanya fenomena gelombang Rossby ekuatorial serta adanya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya