Sabtu 04 Juli 2020, 21:43 WIB

Cara Tepat Persiapkan Makanan dan Minuman untuk Kucing

Antara | Weekend
Cara Tepat Persiapkan Makanan dan Minuman untuk Kucing

AFP/Mark RALSTON
Ilustrasi--kucing peliharaan

Ada dua jenis pakan kucing, yakni makanan kering yang bentuknya potongan-potongan kecil dan makanan basah yang lebih menyengat tapi menggugah selera si meong.

Makanan yang kering relatif lebih praktis karena selain di mangkuk, Anda bisa meletakkannya di mana saja tanpa harus takut kotor. Menyimpan makanan kering pun tak seberapa sulit, cukup cari wadah tertutup agar tidak didatangi semut.

Kibble ini juga jadi andalan orang-orang yang rutin memberi makan kucing-kucing liar di jalan. Bolehkah hanya memberikan makanan kering kepada kucing?

Dokter hewan Novi Wulandari mengatakan pilihan itu sah-sah saja dan tidak berbahaya untuk kucing. Kendati demikian, ada syarat yang harus dipenuhi bila Anda memilih hanya memberi makanan kering untuk si anak bulu.

"Enggak apa-apa, kucing tidak akan bosan bila dikasih kibble terus, tapi jaga asupan air minumnya," ujar Novi dalam webinar Peduli Kucing Sekitar Kita, Sabtu (4/7).

Makanan basah mengandung air, berbeda dengan makanan kering. Oleh karena itu, pastikan kucing piaraan rajin minum air matang, terutama bila tidak pernah menyantap makanan basah.

Karena kucing adalah hewan yang mencintai kebersihan, pemilik piaraan harus memastikan wadah air minum kucing selalu bersih agar kucing tidak malas minum. "Bahaya buat kucing yang malas minum, bisa muncul peradangan saluran kemih," kata dia.

Nutrisi yang dibutuhkan kucing berbeda dengan manusia, jadi sebaiknya jangan memberikan makanan manusia kepada kucing, seperti nasi.

Kucing yang kebutuhan nutrisinya terpenuhi secara optimal bisa memiliki harapan hidup yang lebih lama, hingga belasan tahun. (OL-12)

 

Baca Juga

Unsplash/ Ryan Pouncy

Memakai Buff Sebagai Masker Malah Berbahaya

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 19:40 WIB
Banyaknya pori di kain buff bisa membuat partikel kuman terpecah menjadi partikel kecil dan bertahan lebih lama di...
Instagram @barbie

Pentingnya Mengajari Anak Keberagaman Sejak Dini

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 11:30 WIB
Anak-anak mulai mengerti tentang perbedaan fisik pada usia 3 tahun. Anak yang tidak diajarkan keberagaman, bahkan dapat memandang rendah...
Gramedia

Membaca Tanda Cinta Sapardi untuk Mboel

👤Abdillah Marzuqi 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 10:33 WIB
Buku puisi ini akan diedarkan mulai 17 Agustus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya