Sabtu 04 Juli 2020, 19:15 WIB

Ini Dia 'Tiruan' Land-Rover Defender

Nurtjahyadi | Otomotif
Ini Dia

DOK: Motorauthority.com
Grenadier

 

SEBUAH perusahaan kimia dari Inggris Ineos mengembangkan sebuah kendaraan off-road yang tampilannya menyerupai dengan Land-Rover Defender. Kendaraan Ineos yang diberi nama Grenadier akan tersedia dalam pilihan varian lima pintu dan empat-pintu berbodi pikap.

Mobil ini rencananya baru akan diproduksi akhir 2021 di sebuah pabrik yang tengah dibangun di kawasan Bridgend, Wales, Inggris. Lokasi pabriknya hanya berjarak 30 menit berkendara dari pabrik baru Aston Martin di st Athan, dimana DBX dibuat.

Ineos sendiri merupakan perusahaan yang tahun lalu mencatatkan revenue senilai US$61 miliar. Rencana memproduksin Grenadier pertama kali diumumkan pada 2017 silam. Bos Ineos Jim Ratcliffe diminta mengembangkan kendaraan ini setelah Land Rover mengumumkan dihentikannya produksi Defender.

Saat itu Ratcliffe melihat kendaraan off-road tersebut masih sangat diminati mulai dari kalangan industri tambang, kehutanan, dan pertanian, termasuk kalangan antusias sehingga ia berniat untuk menawarkan kendaraan seperti Defender.

Awalnya ia mencoba untuk membeli 'paten' Defender asli dari Land-Rover. Karena ditolak akhirnya ia membentuk Ineos Automotive untuk mengembangkannya sendiri. Platform-nya dipesan dan dikembangkan atas bantuan Magna-Steyr dari Austria.
Magna-Steyr sendiri merupakan perusahaan yang membantu Mercedes-Benz dalam mengembangkan model G-Class/Gelandewagen. Jadi tidak perlu heran kalau desain Grenadier sedikit memiliki kemiripan dengan G-Class.
 
Seperti layaknya kendaraan off-road sejati, Grenadier menganut konstruksi body-on-frame, solid axle dengan panhard rod (lateral rod) di sumbu roda depan dan belakang, serta proghressive coil spring. Untuk mereduksi bobotnya bodi dibuat dari perpaduan antara aluminium, high-strength steel, dan bahkan material komposit.

Sumber dayanya dipasok oleh BMW dengan mesin turbocharger 3.0 liter 6 silinder segaris, transmisi otomatis 8-speed plus transfercase untuk Low Gear sebagai fitur standar.

Pihak Ineos saat ini masih belum mengungkap tampilan interior dari Grenadier. Mereka berjanji akan mengungkapkannya saat mendekati tahap produksi. Selain itu mereka juga saat ini sedang fokus pada prototipe untuk mengikuti program pengujian yang berat untuk dapat bertahan lebih dari 1 juta mil atau 1,6 juta kilometer.

Ineos berencana untuk menjual Grenadier ke seluruh dunia. Sementara harganya masih bergantung pada berapa banyak pesanan yang datang. Namun diperkirakan kendaraan ini akan dibanderol dengan harga awal tidak lebih dari US$65.000. (Motorauthority.com/S-1)

 

Baca Juga

Dok. GT Radial

Ban Mobil GT Radial Raih Original Brand Award 2020

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 19:11 WIB
Sukses GT Radial meraih penghargaan untuk kategori ban mobil ini didapatkan dari statement responden berdasarkan riset Indonesia Original...
Dok. MBDI

Mercedes-Benz Umumkan Diler Terbaik 2019

👤RO 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 19:08 WIB
Dalam acara bertajuk Mercedes-Benz Virtual Star Award ini, diler PT Citrakarya Pranata (CKP) Bandung dinobatkan sebagai Dealer of the Year...
Dok MI

Nissan Rangkul Indomobil Group

👤RO 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 18:24 WIB
Nissan Motor Co Ltd (Nissan) dan Indomobil Group menandatangani (MoU) dalam membentuk kemitraan strategis untuk memperkuat merek Nissan di...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya