Sabtu 04 Juli 2020, 14:49 WIB

Ganjil Genap Kios Ditiadakan, Pengunjung Pasar Pramuka Dibatasi

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Ganjil Genap Kios Ditiadakan, Pengunjung Pasar Pramuka Dibatasi

Antara/Muhammad Adimaja
Pengunjung Pasar Pramuka membeli alat pelindung wajah.

 

ATURAN buka kios pasar dengan tanggal ganjil dan genap sudah ditiadakan. Di Pasar Pramuka, Jakarta, warga terlihat antusias membeli peralatan medis dan keperluan lain.

Salah seorang pedagang berinisial R mengaku sejak Jumat (3/7) kemarin, aturan ganjil genap kios sudah tidak berlaku. Dia mengungkapkan pengunjung sudah mulai memadati pasar sejak pagi.

Peralatan medis, seperti masker, hand sanitizer dan obat-obatan, berjejer rapi di lemari kaca dagangan R yang berlokasi di lantai dua Pasar Pramuka. "Segini saja pengunjungnya, enggak terlalu ramai. Kan ada petugas juga yang mengawasi di pintu masuk," ujar pedagang tersebut, Sabtu (4/7).

Baca juga: Belum Ada Vaksin Covid-19, Wagub DKI: Tetap di Rumah

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meniadakan aturan buka tutup kios berdasarkan tanggal ganjil dan genap. Namun, jumlah pengunjung pasar dibatasi 50% dari kapasitas.

Jika petugas melihat kapasitas pasar sudah penuh, warga tidak diizinkan masuk. "Sejak ada pandemi (covid-19), kami sih jualan ya jualan saja. Apalagi masker masih dibutuhkan warga. Kalau harga masker masih sama seperti kemarin, sekitar Rp 200-325 ribu per boks,” katanya.

Dari pantauan, pedagang dan pembeli sudah mematuhi protokol pencegahan covid-19, seperti menggunakan masker. Namun, untuk aturan jaga jarak sulit diterapkan lantaran kondisi pasar tidak luas. Selain itu, botol cairan antiseptik yang disediakan di lantai dasar pasar ternyata habis.

Baca juga: Pasar Banyak Ditutup, Asosiasi: Pedagang Kesulitan

Petugas dan Tim Gugus Kecamatan Matraman terpantau mengecek kondisi Pasar Pramuka hingga ke area Pasar Burung. Dengan menggunakan pengeras suara, petugas mengimbau pedagang dan pengunjung untuk jaga jarak.

"Ibu Bapak, jangan sampai ada kerumunan di pasar. Selalu pakai masker, jangan dilepas. Jaga kebersihan kios juga," seru petugas tersebut.

Camat Matraman Andriansyah menuturkan kesadaran warga terhadap protokolo kesehatan semakin meningkat. "Untuk pelanggaran, ada kecendrungan penurunan di titik keramaian. Seperti di Pasar Jangkrik, Pasar Palmeriam dan Pasar Pramuka. Kedisiplinan warga pakai masker relatif bagus," jelas Andriansyah saat ditemui di lokasi.(OL-11)

 

Baca Juga

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI.

Dua Tersangka Kasus Pencemaran Nama Baik Ahok Tidak Ditahan

👤Tri subarkah 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 19:45 WIB
Yusri memastikan bahwa proses hukum terhadap dua tersangka tetap dilanjutkan. Keduanya, lanjut Yusri, harus melakukan wajib...
Ilustrasi

Hujan Lebat Diprediksi Guyur Jakarta Dua Hari Ke Depan

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 19:44 WIB
Penyebab dari hujan angin ini lantaran pusat tekanan rendah terpantau di Laut Cina Selatan (1006 hPa) yang membentuk daerah pertemuan atau...
Antara/Rivan Awal Lingga

Pemprov DKI akan Gandeng Organisasi Pemuda Beri Pendampingan PJJ

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 19:36 WIB
Untuk mengatasi persoalan pendidikan di tengah pandemi, pihaknya telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) di bidang...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya