Sabtu 04 Juli 2020, 00:35 WIB

Rekor Kasus Covid-19 kembali Muncul di AS

Rekor Kasus Covid-19 kembali Muncul di AS

AFP
Rekor Kasus Covid-19 kembali Muncul di AS

 

AMERIKA Serikat kemarin kembali membukukan rekor 53.000 kasus baru virus korona dalam sehari. Dalam dua hari berturut-turut kasus baru di AS menyentuh angka 50.000.

Dengan penambahan tersebut, hingga kini AS menjadi pusat pandemi di dunia. Negara ini telah mencatat 129.000 kematian dari sekitar 2,7 juta kasus infeksi dan diprediksi akan melonjak menjadi 3 juta di minggu depan.

Florida kini menjadi fokus para ahli kesehatan mengingat wilayah itu mencatat kasus tertinggi di AS. Jumlahnya di Florida mencapai 169.000 dan diprediksi akan terus me lonjak. Di Texas, lebih dari 2.500 korban kematian terjadi akibat pandemi tersebut.

Gubernur Greg Abbot pun mengumumkan kewajiban mengenakan masker di daerah tersebut dan melarang pertemuan yang dihadiri oleh lebih dari 10 orang. Hal itu diterapkan setelah terjadi lonjakan kasus di Texas yang mencapai 8.000 kasus baru.

Sejauh ini, negara-negara bagian yang sempat kembali membuka aktivitas ekonominya, sudah menjadi wilayah dengan lonjakan kasus covid-19 tertinggi. Mereka dikecam karena di nilai telah mengabaikan saran dari otoritas kesehatan federal.


Membaik di Eropa

Situasi di Eropa saat ini justru kebalikannya dari AS. Kasus baru covid-19 di Eropa terus melambat. Uni Eropa sudah kembali membuka perbatasannya untuk warga dari 15 negara meski masih melarang masuknya warga dari negara-negara dengan penyebaran covid-19 tertinggi, seperti AS, Brasil, dan Rusia.

Di Inggris, pemerintah kemarin mengumumkan untuk melonggarkan karantina. Pendatang dari Jerman, Prancis, Spanyol, dan Italia tidak lagi diminta untuk mengisolasi diri mulai 10 Juli mendatang. Sementara itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa gelombang pandemi dikhawatirkan akan semakin merebak. Kepala WHO, Tedros Adhanom, mengatakan kasus baru diperkirakan bisa mencapai160.000 dalam sehari. (AFP/Van/X-11)

Baca Juga

AFP/Sam Yeh

Tiongkok Ingin Ubah Nasib Taiwan Seperti Hong Kong

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Rabu 12 Agustus 2020, 18:30 WIB
Kekhawatiran itu diungkapkan Menlu Taiwan, Joseph Wu, saat bertemu dengan pejabat senior AS di Taipei. Tiongkok disebut kerap melempar...
AFP

Pangeran Harry dan Meghan Markle Beli Rumah di Santa Barbara

👤Astri Novaria 🕔Rabu 12 Agustus 2020, 17:37 WIB
Pasangan Harry - Meghan berharap untuk membesarkan anak lelakinya, Archie, di Santa Barbara untuk menjalani kehidupan senormal...
AFP/DAVID ROWLAND

Auckland Lockdown, Status Bebas Virus Selandia Baru Tercederai

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Rabu 12 Agustus 2020, 16:47 WIB
 Selandia Baru terhuyung-huyung dalam wabah virus covid-19 pertamanya setelah lebih dari tiga bulan bebas dari covid-19. Auckland...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya