Jumat 03 Juli 2020, 22:17 WIB

Minyak Kayu Putih Sumbang PAD Hingga Rp10 Miliar

Ardi Teristi | Nusantara
Minyak Kayu Putih Sumbang PAD Hingga Rp10 Miliar

ANTARA/Ahmad Subaidi
Ilustrasi : uang tunai.

 

Pabrik minyak kayu putih Sendang Mole yang dikelola Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY tetap berproduksi di tengah Covid-19. Pabrik ini pun mampu menyumbang sampai Rp10 miliar per tahun.

"Tahun ini kami ditarget bisa produksi minyak kayu putih 21 ribu liter," ngkap Sutarto, Kepala DLHK DIY, Jumat (3/7) saat memerima kunjungan Komisi B DPRD DIY.

Bahan baku adalah daun kayu putih dipasok dari kawasan hutan seluas 1.500 hektare di sekitar pabrik, di Kecamatan Playen, dan Nglipar,
dan Panggang, Gunungkidul.

Wakil Ketua Komisi B DPRD DIY, Dwi Wahyu B menyatakan, produksi minyak kayu putih menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) Rp 9-10 miliar setahun.

Merawat pohon kayu putih tidak mudah. Pohon kayu putih tidak mau ditanam di lahan tumpang sari, tidak bisa terlalu rimbun, dan daun harus terbuka. "Harapan kami Dinas bisa mengevaluasi teknologi dan SDM ditingkatkan agar lebih bagus sehingga hasilnya bisa meningkat," kata dia.

Dengan menyumpang pendapatan hingga Rp10 miliar, pabrik minyak kayu putih layak untuk didukung. Ketua Komisi B DPRD DIY Danang Wahyu Broto menilai prospek pabrik minyak kayu putih sangat cerah. "Masa Covid-19 ini, minyak kayu putihnya harusya laris. Ini potensi luar biasa," pungkasnya. (OL-12)

Baca Juga

DOK MI

Pemkab Cianjur Kejar Target 10 Ribu Swab Test

👤 Benny Bastiandy 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 02:50 WIB
Pemkab Cianjur akan meminta bantuan pengadaan alat tes usap ke Pemprov Jabar. Alat tes usap diperlukan untuk memenuhi target jumlah...
DOK MI

Pelayanan RSUD Cibabat Cimahi Kembali Dibuka

👤Depi Gunawan 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 02:30 WIB
RSUD CIbabat Cimahi sempat ditutup selama tiga hari pascabelasan pegawai terkonfirmasi positif virus korona...
DOK MI

Jelang Pilkada, Perguruan Silat di Sidoarjo Deklarasi Damai

👤Heri Susetyo 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 02:16 WIB
Deklarasi damai belasan perguruan silat dilakukan untuk menjadi situasi di Sidoarjo akan tetap kondusof jelang digelarnya pemilihana kepala...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya