Jumat 03 Juli 2020, 21:00 WIB

September, FIFA Akan Tinjau Kelayakan Stadion Piala Dunia U-20

Antara | Sepak Bola
September, FIFA Akan Tinjau Kelayakan Stadion Piala Dunia U-20

ANTARA FOTO/Raisan Al Faris
Stadion Si Jalak Harupat di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Salah satu stadion yang diajukan PSSI untuk Piala Dunia U-20.

 

KETUA Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan FIFA akan datang ke Indonesia pada September 2020 untuk meninjau enam stadion yang digunakan untuk Piala Dunia U-20 tahun 2021.
 
"FIFA akan ke Indonesia pada September 2020," kata Iriawan di Jakarta, Jumat.

PSSI mengajukan enam stadion kepada FIFA sebagai tempat pertandingan Piala Dunia U-20 tahun depan, yaitu Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, Stadion Jakabaring di Palembang, Stadion Si Jalak Harupat di Bandung, Stadion Manahan di Solo, Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya dan Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar.

Keenam stadion telah mendapatkan persetujuan dalam rapat kabinet terbatas dipimpin Presiden Joko Widodo pada Rabu 1 Juli lalu. PSSI menegaskan keenam stadion itu sudah diinformasikan kepada FIFA. Koordinasi ini penting karena PSSI melakukan perubahan terhadap stadion Piala Dunia U-20.

Baca juga: Kemenpora dan PSSI Berbagi Tugas Sukseskan Piala Dunia U-20

Sebelumnya, dalam surat 14 April 2020 yang ditandatangani Chief Tournaments and Events Officer FIFA Colin Smith, FIFA mencatat wilayah yang menjadi lokasi stadion Piala Dunia U-20 adalah Jakarta (Stadion Utama Gelora Bung Karno), Bogor (Stadion Pakansari), Yogyakarta (Stadion Mandala Krida), Surakarta (Stadion Manahan), Surabaya (Stadion Gelora Bung Tomo) dan Bali (Stadion Kapten I Wayan Dipta) sesuai dengan proposal pengajuan tuan rumah Piala Dunia U-20 oleh PSSI.

Artinya, dengan penetapan enam stadion terbaru, ada dua stadion yang dicoret dari daftar sebelumnya yaitu Stadion Pakansari dan Stadion Mandala Krida.

Menurut Mochamad Iriawan, pergantian itu dilakukan dengan beberapa alasan seperti situasi di Yogyakarta yang rawan letusan Gunung Merapi. "FIFA menanyakan tentang Gunung Merapi. Itu menjadi catatan karena kita tidak bisa memperkirakan kapan terjadi letusan," kata Iriawan.

Saat ini yang menjadi perhatian pemerintah dan PSSI adalah soal pembangunan dan perbaikan lapangan latihan di sekitar stadion tempat pertandingan.
 
FIFA memang mewajibkan ada lima lapangan atau stadion untuk tempat latihan tim dan wasit di sekitar stadion lokasi laga. Beberapa stadion sudah memiliki fasilitas latihan cukup baik terutama di Jakarta. Untuk yang lain akan segera dipersiapkan khususnya di Bali," kata Iriawan.(OL-4)

Baca Juga

MI/Agus Utantoro

CEO PT PSS Mengaku Belum Terima Gaji Sejak Maret

👤Agus Utantoro 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 07:30 WIB
CEO PT PSS Fatih Chabanto mengaku tidak pernah digaji sejak Maret hingga sekarang. Padahal namanya masuk dalam penerima...
 David Ramos / POOL / AFP

Neymar Samai Rekor Lionel Messi di Liga Champions

👤Antara 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 07:23 WIB
Neymar tercatat melakukan 16 dribble sukses, sebuah rekor yang hanya mampu dilakukan Lionel Messi dan Javier Zanetti dalam satu...
 Tim REHBEIN and Handout / FC SCHALKE 04 / AFP

Bek Barcelona Jean-Clair Todibo Positif Covid-19

👤Antara 🕔Kamis 13 Agustus 2020, 06:29 WIB
Bek Barcelona  Jean-Clair Todibo mengungkapkan dirinya positif covid-19 melalui akun Twitternya. Klub Barcelona menegaskan timnya kini...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya