Jumat 03 Juli 2020, 19:51 WIB

Tangani Korona, Dua RS Pertamina Manfaatkan Teknologi dari Cisco

Wisnu AS | Humaniora
Tangani Korona, Dua RS Pertamina Manfaatkan Teknologi dari Cisco

Dok. Pribadi
Dua rumah sakit modular tenerapkan teknologi mumpuni.

 

PT Pertamina Bina Medika Indonesia Healthcare Corporation (Pertamedika IHC) membangun dua rumah sakit modular atau rumah sakit darurat khusus penanganan pasien covid-19, yakni RS Pertamina Jaya dan RS Pertamina Pusat.

Direktur Utama Pertamedika IHC Fathema Djan Rachmat menjelaskan, RS Pertamina Jaya kini telah memiliki 90 kasur tambahan, sedangkan RS Pertamina Pusat sudah membuat RS Extension Simprug dengan kapasitas 300 kasur.

Baca juga: Telkom dan Cisco Mendukung Transformasi Digital BUMN

Ia menambahkan, Pertamedika IHC menerapkan teknologi digital dalam meningkatkan layanan kesehatan yang inklusif di tengah pandemi covid-19. Mereka menggunakan solusi kolaborasi and komunikasi digital dari Cisco.  

Lewat teknologi ini, dokter dan tim medis dapat berkomunikasi secara digital melalui live video yang aman dan handal dari mana saja dan kapan saja.

Solusi ini juga diharapkan dapat membantu mengurangi risiko paparan tenaga medis, tanpa mengurangi kualitas layanan kesehatan dari tenaga kesehatan kepada pasien covid-19.

"Tidak dapat dipungkiri penggunaan teknologi ini membuat rumah sakit dapat meminimalkan berbagai kendala di rumah sakit umum maupun rumah sakit khusus seperti RS Covid-19," kata Fathema Djan dalam keterangan yang diterima, Jumat (3/7/2020).

Baca juga: RS Pertamina Jaya Resmi Jadi RS Rujukan Covid-19

Pihaknya mendorong inovasi teknologi di bidang medis, memaksimalkan komunikasi efektif antar tenaga medis, hingga pada akhirnya akan semakin menunjang standarisasi kualitas pelayanan yang optimal pada pasien.

Ia berharap dua rumah sakit modular serta penerapan teknologi mumpuni tersebut dapat memberikan kontribusi yang besar pada Indonesia dalam penanganan covid-19 secara nasional. "Penggunaan teknologi ini diharapkan nantinya juga bisa meluas ke berbagai rumah sakit di Indonesia." (RO/A-3)

Baca Juga

AFP/Sam Panthaky

Layanan Telemedisin Didorong Jadi Pilihan di Tengah Pandemi

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 23:43 WIB
Di tengah pandemi, fasilitas kesehatan harus terus memberikan layanan kepada seluruh...
Kemendikbud

DPR Desak Anggaran POP Dialihkan untuk Biaya Internet Siswa

👤Antara 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 21:15 WIB
Kontroversi program organisasi penggerak (POP) yang digagas Mendikbud Nadiem Makariem telah membuat gaduh di...
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Temui Mendikbud, Katib Aam Nyatakan PBNU Ikut POP Kemendikbud

👤Antara 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 20:50 WIB
Gus Yahya menemui Mendikbud Nadiem Makariem, Kamis, untuk menyampaikan sikap PBNU terkait keikutsertaan dalam program...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya