Jumat 03 Juli 2020, 15:45 WIB

Jokowi: Pendidikan Tinggi Harus Jadi Pemandu Perubahan Besar

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
Jokowi: Pendidikan Tinggi Harus Jadi Pemandu Perubahan Besar

Dok: Biro Setpres
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo meminta institusi pendidikan tinggi untuk terus berinovasi membangun negara. Presiden menyatakan pendidikan tinggi harus bisa membawa perubahan besar untuk bangsa dengan inovasi dan terobosan-terobosan di era disrupsi saat ini.

"Di tengah persaingan global yang semakin kompetitif, peran pendidikan tinggi harus semakin signifikan. Menjadi pemandu perubahan besar menggagas inovasi dan terobosan, membuat Indonesia semakin disegani dunia," ucap Jokowi dalam pidatonya di Sidang Terbuka Peringatan 100 Tahun Institut Teknologi Bandung (ITB) secara virtual dari Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (3/7).

Presiden mengingatkan Indonesia kini sedang menghadapi tantangan besar yakni disrupsi dan hiperkompetisi. Perubahan besar itu terjadi di berbagai bidang yang semakin dipercepat oleh revolusi industri jilid keempat. Persaingan antarnegara pun semakin ketat dan menuntut kecepatan, fleksibilitas, dan inovasi.

"Untuk itu, Indonesia harus digerakkan oleh semangat juang yang tinggi. Dipandu oleh akhlak mulia dan jiwa pengabdian kepada bangsa dan negara, dibarengi oleh ilmu pengetahuan dan teknologi," ucap Jokowi.

Kepala Negara menegaskan Indonesia tidak boleh kalah dalam persaingan global tersebut. Ia pun mengajak agar insan ITB terus berkontribusi dalam pembangunan negara. Jokowi berharap ITB bisa terus menghasilkan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Kontribusi ITB ditunggu oleh seluruh anak bangsa. Tunjukkan prestasi akademisi dan peneliti kita. Tunjukkan sumber daya iptek dan inovasi karya bangsa kita kepada dunia. Buktikan kontribusi ITB untuk kesejahteraan rakyat dan kemajuan Indonesia tercinta," ujarnya.

Baca juga: Pasca Presiden Murka, Penyerapan Anggaran untuk UMKM Meningkat

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengungkapkan kebanggaan bisa hadir secara virtual dalam peringatan 100 tahun institut pendidikan teknik tertua di Indonesia.

"(ITB) tempat Ir Soekarno, Bung Karno menimba ilmu dan kepemimpinan. Tempat Ir. Juanda Kartawijaya belajar dan membangun kecintaan pada Tanah Air. Tempat Ir BJ Habibie, Bapak Teknologi Indonesia mengawali jejak sebagai engineer yang disegani dunia," tutur Jokowi.

Ia mengatakan banyak tokoh besar bangsa yang lahir dari rahim ITB. Mantan rektor ITB Iskandar Alisjahbana pun juga dikenal sebagai bapak sistem komunikasi satelit.

Meski berstatus perguruan tinggi teknik, lanjut Jokowi, ITB juga mengembangkan pendidikan seni, humaniora, dan kebudayaan. Sejumlah tokoh kesenian juga lahir dari ITB antara lain Syafei Sumarja yang mengembangkan pendidikan seni, musikus Sam Bimbo dan seniman/pematung I Nyoman Nuarta.

"Semua itu menunjukkan bahwa ITB sangat mewarnai perjalanan besar sejarah Indonesia," pungkas mantan Wali Kota Surakarta ini.(OL-5)

Baca Juga

MI/AGUS M

Perludem Apresiasi Presiden Cabut SK Pemberhentian Evi Ginting

👤Emir Chairullah 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 21:17 WIB
Titi menilai sikap Presiden Joko Widodo untuk untuk mengikuti putusan PTUN itu patut diapresiasi karena bisa meredam terjadinya konflik...
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Sidang Tahunan MPR 2020, Lembaga Negara Serahkan Laporan Kinerja

👤Antara 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 21:03 WIB
Laporan kinerja lembaga negara tersebut akan dipublikasikan secara daring oleh MPR...
Antara/HO

Kepala BNPT Harapkan Pokja Buat Cetak Biru Deradikalisasi

👤Antara 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 20:38 WIB
Program deradikalisasi yang dijalankan Tim Asistensi Khusus/Pokja Deradikalisasi dapat segera dituangkan dalam cetak biru untuk...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya