Jumat 03 Juli 2020, 13:15 WIB

Google Hadirkan Dinosaurus ke Dunia Nyata via AR

Mediaindonesia.com | Teknologi
Google Hadirkan Dinosaurus ke Dunia Nyata via AR

Unsplash/ Amu Baugess
Dinosaurus.

GOOGLE baru-baru ini menambahkan dinosaurus dalam pencarian berbasis augmented reality, untuk pengalaman melihat makhluk purba tersebut dalam ukuran nyaris mirip aslinya.

Ketika mencari kata kunci "dinosaurus" atau "dinosaur" di mesin pencari Google Search, akan muncul hasil pencarian yang disertai keterangan 3D, tiga dimensi, pertanda hewan tersebut bisa dilihat dengan teknologi AR lewat ponsel.

Baca juga: Bantu Pembelajaran Jarak Jauh, Gredu Rilis Fitur Baru

Google menambahkan sepuluh dinosaurus, bekerja sama dengan film waralaba "Jurassic World", yaitu Tyrannosaurus Rex, Velociraptor, Triceratops, Spinosaurus, Stegosaurus, Brachiosaurus, Ankylosaurus, Dilophosaurus, Pteranodon dan Parasaurolophus.

Group Product Manager AR Experiences di Google, Archana Kannan, dalam unggahan di blog resmi Google mengatakan mereka bermitra dengan Universal Brand Development, Amblin Entertainment dan Ludia untuk membuat dinosaurus ini.

Hewan purba ini dikembangkan berdasarkan game buatan Ludia, "Jurassic World Alive" menggunakan teknik modeling 3D dan animasi.

"Tidak hanya mencari lewat berbagai literatur, seniman kami juga bekerja bersama ahli paleontologi dan tim 'Jurassic World' untuk membuat aset ini seakurat dan senyata mungkin. Bahkan, sampai ke detail terkecil, seperti warna dan pola kulit yang tidak teratur, itu juga penting," kata perwakilan dari Ludia, Camilo Sanin.

Memuat dinosaurus semirip mungkin dengan ukuran aslinya tentu tidak mudah, tim Google, Ludia, Amblin dan Universal Brand Development merancang agar dinosaurus ini bisa dipasangi fitur skala otomatis, terutama di perangkat Android, agar ukuran hewan bisa disesuaikan dengan layar dan lingkungan sekitar yang dibidik lewat ponsel.

Fitur skala otomatis Android akan menghitung jarak ponsel dengan bidang permukaan, kemudian ukuran dinosaurus akan disesuaikan dengan layar. (OL-6)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Solusi Sistem Jaringan Lintasarta Raih SD-WAN Excellent Award

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 23:37 WIB
Dalam acara Virtual Partner Connect 2020, Fortinet memberikan penghargaan Secure SD-WAN Excellence...
Dok. TokoCrypto

Indonesia Blockchain Week Digelar Lagi, DeFI Jadi Bahasan Utama

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 05 Agustus 2020, 19:29 WIB
Tahun ini, IBW akan fokus membahas tentang Decentralized Finance (DeFi), yang memang tengah menjadi topik hangat diskusi para pelaku...
Dok Mandiri Syariah.

Aplikasi Digital Robot Biru Siap Layani Pembayaran

👤Bayu Anggoro 🕔Selasa 04 Agustus 2020, 21:11 WIB
Dibuat hingga versi 10.0, sehingga semua layanan transaksi bisa dilakukan dalam aplikasi...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya