Jumat 03 Juli 2020, 02:10 WIB

Pangeran Harry Mengenang Perjuangan Ibunda

Bagus Pradana | Humaniora
Pangeran Harry Mengenang Perjuangan Ibunda

AFP
Pangeran Harry

 

PANGERAN Harry, 35, muncul dan memberikan sambutan dalam helatan Diana Award 2020 yang digelar secara virtual, Rabu (1/7) waktu setempat. Diana Award merupakan sebuah ajang penghargaan tahunan yang diperuntukkan kepada para anak muda yang melanjutkan semangat perjuangan kemanusiaan mendiang Putri Diana, ibunda Harry.

“Saya tahu bahwa ibu saya telah menjadi inspirasi bagi banyak orang. Saya meyakinkan Anda bahwa beliau (Diana) akan berada di pihak Anda,” ujarnya seperti dilansir dari harpersbazzar.com, Kamis (2/7).

Acara ini digelar tepat di hari ulang tahun Putri Diana, yaitu yang pada tahun ini seharusnya menjadi perayaan ulang tahun ke-59 dari sang putri. Dalam video yang juga disiarkan di akun Instagram @dianaaward berdurasi 5.14 detik, Harry tampak bernostalgia. Ia berbagi kenangan tentang sosok sang ibu yang meninggal dalam kecelakaan mobil pada 1997 silam.

“Dia tidak pernah mengambil rute yang mudah, populer, atau nyaman. Namun, saya tahu bahwa beliau membela sesuatu, membela orang-orang yang membutuhkan,” ucap Harry kepada 184 penerima penghargaan Diana Award 2020.

Ia berharap ucapan itu menjadi pemantik semangat para anak-anak muda pejuang kemanusiaan di seluruh dunia. Harry pun mengaku sangat bangga menjadi bagian dari ajang tersebut.

“Saya menaruh hormat kepada mereka yang melanjutkan warisan dari ibu saya seperti Anda, orang-orang terbaik hadir di sini,” ungkapnya.

Putri Diana Spencer, ibunda Harry, meninggal dalam kecelakaan mobil ketika mencoba menghindari kejaran paparazi pada September 1997.


Lawan rasisme

Dalam kesempatan itu, Harry mengajak para pemuda di seluruh dunia untuk turut serta memerangi rasisme dan ketidakadilan yang masih sering terjadi di lingkungan sekitar mereka.

Suami dari aktris Meghan Markle itu menyinggung ramainya kasus diskriminasi dan rasisme di Amerika Serikat hingga memunculkan gerakan Black Lives Matter. Meghan lahir dari ibu berkebangsaan Afrika-Amerika dan ayah kulit putih.

“Rasisme institusional memang tidak memiliki tempat di masyarakat kita. Namun, masalah ini masih endemik, ini harus kita akui,” sambung Harry yang kini menetap di Los Angeles, AS.

Harry mengajak para penerima Diana Award 2020 itu untuk mengubah situasi kelam yang memunculkan perpecahan dan kemarahan publik. “Tidak sedikit luka dan trauma yang muncul ke permukaan. Namun, saya melihat adanya harapan dalam orang-orang seperti kalian dan saya yakin masa depan dunia bisa kembali pulih dengan tanganmu,” pungkasnya.

Sejak awal kemunculan aksi Black Lives Matter, Pangeran Harry dan Meghan Markle langsung menyuarakan dukungannya. Pasangan yang menikah pada 2019 itu juga melawan rasisme secara daring lewat kampanye Stop Hate for Profit. (H-2)

 

Baca Juga

Antara

Kerap keguguran Itu Tanda Kena "Sjogren's Syndrome"

👤Muhammad Fauzi 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 20:40 WIB
SERING mengalami keguguran hingga bahkan sulit memiliki anak bisa menjadi salah satu tanda seseorang terkena penyakit autoimun...
Dok.LAN

Ulang Tahun Ke-63, LAN Gelar Peringatan secara Virtual

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 20:37 WIB
Di usianya yang menginjak 63 tahun, LAN senantiasa hadir untuk negeri dan terus membangun serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia...
Antara

Arsipkan Musik Lawas, Kemendikbud Luncurkan Digitalisasi Musik

👤Ihfa Firdausya 🕔Kamis 06 Agustus 2020, 20:11 WIB
Dalam proses digitalisasi, karya musik lawas didokumentasikan dengan rapi. Mulai dari judul, penyanyi, pencipta, tahun, label produksi...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya