Kamis 02 Juli 2020, 20:28 WIB

CegahCovid-19, Anies Kerahkan 5.500 Aparat Awasi Ketat Pasar

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
CegahCovid-19, Anies Kerahkan 5.500 Aparat Awasi Ketat Pasar

MI/Fransisco Carolio Hutama Gani
Blok III Pasar Senen Jakarta yang mular ramai aktivitas jual-beli

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan bakal menerjunkan ribuan aparat keamanan gabungan untuk mengawasi ketat pergerakan warga di pasar tradisional. Pasalnya tempat tersebut memiliki probabilitas tinggi penyebaran covid-19.

"Gubernur mengerahkan 5.500 personil untuk disebar ke 148 pasar (di Jakarta) untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan," ungkap Direktur Keuangan dan Administrasi Perusahaan Daerah Pasar Jaya Ratih Mayasari dalam keterangan resminya, Jakarta, Kamis (2/7).

Pengawasan tersebut bakal dilakukan dengan sistem dua ahift penjagaan di tiap pasar. Ratih menambahkan, upaya lain untuk mencegah penularan covid-19 ialah lakukan penyemprotan disinfektan secara rutin di setiap pasar.

"PD Pasar Jaya telah melakukan penyemprotan pasar secara rutin, dan jika ada yang terindikasi positif akan ada penutupan sementara untuk dilakukan pembersihan (penyemprotan disinfektan) selama tiga hari," jelas Ratih.

Kerja sama yang baik di pasar dengan seluruh Dinas di lingkungan Pemprov DKI, TNI-Polri, dan warga harus tetap dijalankan. Pedagang juga diminta harus tertib dan taat prosedur di pasar.

Baca juga : Ombudsman Jakarta Minta Pasar Diawasi Ketat saat PSBB Transisi

Ratih juga menyebut penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat dan tegas dilakukan dengan melarang pengunjung yang tidak menggunakan masker untuk masuk ke pasar.

Sebelumnya, Anies menyebut pasar dan kereta rel listrik (KRL) menjadi tempat yang masih rawan penularan covid-19 ditengah pelonggaran aktivitas warga di masa transisi.

"Ke depan, unsur TNI, polisi, ASN, akan diterjunkan untuk mengawasi secara ketat pasar-pasar di DKI. Jam operasinya (pasar) akan dikembalikan normal dan juga ganjil genap (untuk pedagang) dalam pasar akan ditiadakan, tapi jumlah pengunjung yang masuk pasar akan dikendailkan," terang Gubernur Anies dalam konferensi pers di Balai Kota, pada Rabu (1/7). (OL-7)

Baca Juga

Antara/Aprillio Akbar

Mau Gunakan Angkutan Massal, Kemenhub Ingatkan Protokol 3 M

👤Hilda Julaika 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 16:52 WIB
Pemerintah pun akan terus mendorong masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan dalam menggunakan kereta...
MI/PIUS ERLANGGA

Kesbangpol Imbau Warga Ramaikan HUT RI dengan Umbul-umbul

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 16:40 WIB
Peringatan Hari Kemerdekaan RI tahun ini akan terasa sangat berbeda karena Indonesia sedang dilanda pandemi covid-19 yang mewajibkan setiap...
MI/Tri Subarkah

Penyidik Gali Motif Anji Unggah Video dengan Hadi Pranoto

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 16:00 WIB
Tim penyidik Polda Metro Jaya (PMJ) terus menggali motif atau maksud tujuan musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji yang mengunggah video...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya