Kamis 02 Juli 2020, 19:14 WIB

Terdampak Korona, Lion Air Tak Perpanjang Pekerja Kontrak

Hilda Julaika | Ekonomi
Terdampak Korona, Lion Air Tak Perpanjang Pekerja Kontrak

Mi/Palce Amalo
Pesawat Lion Air

 

LION Air Group mengumumkan pengurangan tenaga kerja Indonesia dan asing (expatriate). Hal ini dilakukan dalam rangka penanganan manajemen perusahaan atas karyawan selama masa waspada pandemi Covid-19. Adapun metode yang digunakan berdasarkan masa kontrak kerja berakhir dan tidak diperpanjang lagi oleh perusahaan.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro mengatakan hal itu dilakukan lantaran maskapai ini tengah mengalami kesulitan sebagai dampak dari adanya pandemi covid-19.

"Lion Air Group sedang berada di masa sulit dan menantang, atas kondisi terbentuk dari akibat covid-19 serta memberikan dampak luar biasa yang mengakibatkan situasi penuh ketidakpastian," ujar Danang dalam keterangan resminya, Kamis (2/7).

Keputusan berat tersebut, sambungnya, diambil dengan tujuan utama sebagai strategi sejalan mempertahankan kelangsungan bisnis dan perusahaan tetap terjaga, merampingkan operasi perusahaan, mengurangi pengeluaran dan merestrukturisasi organisasi di tengah kondisi operasional penerbangan yang belum kembali normal sebagai dampak pandemi covid-19.

Baca juga : 1 Penumpang Garuda Indonesia Meninggal, Kru Pesawat Dikarantina

Hal ini pun sebagai bentuk tindakan proaktif berdasarkan mitigasi guna menjaga kelangsungan perusahaan. Di tengah kondisi pendapatan yang sangat minimal, karena terjadi pembatasan perjalanan dan penghentian sementara operasional penerbangan.

"Sejak mulai beroperasi kembali yang dijalankan secara bertahap, Lion Air Group rata-rata mengoperasikan 10-15% dari kapasitas normal sebelumnya yakni rerata 1.400 - 1.600 penerbangan per hari," imbuhnya.

Pihaknya pun mengatakan, Lion Air Group berencana apabila di waktu mendatang kondisi perusahaan kembali pulih dan lebih baik secara bisnis, operasional serta pendapatan, maka karyawan dimaksud (yang tidak diperpanjang kontrak kerja) akan diprioritaskan untuk memiliki kesempatan kembali bekerja di Lion Air Group. (OL-7)

Baca Juga

DOK BNI SYARIAH

Bhakti BNI Syariah Lindungi Pesantren dari Covid-19

👤Dro/S1-25 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 04:57 WIB
BNI Syariah berkomitmen untuk menjalankan hasanah way, yakni terus menerus berupaya untuk memberikan kebermanfaatan dan kebaikan (hasanah)...
Ist

Amar Bank Raih Best Places to Work 2020

👤Widhoroso 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 02:57 WIB
Penghargaan Best Places to Work 2020 menggunakan metodologi penilaian mulai dari survei terhadap seluruh karyawan, penilaian dari SDM...
DOK MI

Pelayaran Internasional Pelabuhan Tanjung Priok Tetap Berjalan

👤Widhoroso 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 01:11 WIB
Pada semester I 2020, arus peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok pada periode Januari-Juni tercatat sebanyak 2,99 juta TEUs, atau turun 7,7...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya