Kamis 02 Juli 2020, 13:25 WIB

MAKI Siap Laporkan Kasus Identitas Djoko Tjandra ke Ombdusman

Widjajadi | Nusantara
MAKI Siap Laporkan Kasus Identitas Djoko Tjandra ke Ombdusman

MI/Widjajadi
Koordinator MAKI,Boyamin Saiman

 

MASYARAKAT Anti Korupsi Indonesia (MAKI) meminta Ombudsman RI untuk menelusuri mal administrasi atas bobolnya sistem kependudukan dan paspor pada sistem Imigrasi yang diperoleh Djoko S Tjandra.

"Terkait silang sengkarut ini, MAKI akan segera melaporkan kepada Ombusdman RI guna menelusuri mal administrasi atas bobolnya sistem kependudukan dan pasport pada sistem imigrasi yang diperoleh Djoko S Tjandra," papar Koordinator MAKI,Boyamin Saiman kepada mediaindonesia.com di Solo, Kamis (2/7).

Seperti diketahui berdasar pemberitaan media massa Djoko S Tjandra pada tanggal 8 Juni 2020 telah mengajukan upaya hukum Peninjauan Kembali di Pengadilan Jakarta Selatan. Padahal, lanjut Boyamin, berdasar pemberitaan, Djoko S Tjandra telah kabur dari Indonesia pada tahun 2009 dan telah berpindah kewarganegaraan Negara Papua Nugini. Belakangan, Djoko S Tjandra telah memiliki kewarganegaraan Indonesia dan merubah nama Joko Soegiarto Tjandra melalu proses Pengadilan Negeri di Papua .

Perubahan nama awal dari Djoko menjadi Joko menjadikan data dalam pasport berbeda sehingga tidak terdeteksi oleh Imigrasi.Dan hal ini pernah dibenarkan oleh Yasona Laoly MenhukHam bahwa tidak ada data pada imigrasi atas masuknya Djoko S Tjandra.

"Jika mengacu Djoko S Tjandra telah kabur dan buron sejak tahun 2009 dan pasport hanya berlaku 5 tahun maka semestinya sejak tahun 2015 Djoko S Tjandra tidak bisa masuk Indonesia atau jika masuk Indonesia mestinya langsung ditangkap petugas Imigrasi karena pasportnya telah kadaluarsa," terang Boyamin.

baca juga: PN Medan Vonis Mati Otak Pembunuh Hakim Jamaluddin

MAKI menilai, jika mengacu nama barunya, maka upaya hukum PK tersebut di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan semestinya tidak diterima Mahkamah Agung karena identitasnya berbeda dengan putusan persidangan dalam perkara Cesie Bank Bali. (OL-3)

Baca Juga

MI/Djoko Sardjono

Polres Klaten Gelar Doa Pemilu Damai

👤Djoko Sardjono 🕔Selasa 04 Agustus 2020, 09:20 WIB
Polres Klaten bersama jajaran dan tokoh masyarakat menggelar doa bersama untuk Pilkada damai di Kabupaten Klaten yang akan digelar pada 9...
DOK BNNP Kalteng

BNNP Kalteng Gagalkan Peredaran Somadril Ilegal Senilai Rp4,8 M

👤Surya Sriyanti 🕔Selasa 04 Agustus 2020, 09:08 WIB
BNNP Kalimantan Tengah berhasil menggagalkan peredaran ribuan obat keras golongan I n Somadril  senilai Rp4,8 Miliar dengan tersangka...
 ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

GLZoo Dibuka Kembali Banyak Wisatawan Ditolak Masuk

👤Agus Utantoro 🕔Selasa 04 Agustus 2020, 08:57 WIB
Direktur Utama GLZoo, KMT A.Tirtodiprojo mengakui  banyak wisatawan yang datang ke GL Zoo terpaksa ditolak masuk karena tidak memenuhi...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya