Kamis 02 Juli 2020, 12:58 WIB

Pandemi Covid-19, Panen Pangan Riau Capai 131 Ribu Ton

Rudi Kurniawansyah | Nusantara
Pandemi Covid-19, Panen Pangan Riau Capai 131 Ribu Ton

MI/John Lewar
Petani menanam padi

 

MESKI ketersediaan pangan Riau masih bergantung pada distribusi daerah tetangga penghasil pertanian, namun pandemi covid-19 tidak menghentikan produksi lokal pertanian Riau. Hal itu terbukti pada periode pertama, panen lahan pangan Riau seluas 55.717 hektare berhasil berproduksi sebanyak 131.714 ton.

"Pada periode kedua yakni September-Desember akan kita rencanakan luasan panen di Riau mencapai 62 ribu hektare. Adapun total luas lahan pangan Riau yang telah tertanami dengan baik mencapai lebih dari 65 ribu hektare," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Riau Syahfalefi di Pekanbaru, Kamis (2/7).

Ia menegaskan, secara teknis produksi pertanian Riau tidak pernah berhenti di tengah pandemi covid-19. Bahkan, Pemprov Riau bertekad untuk terus meningkatkan penyediaan cadangan pangan daerah melalui dua pendekatan, yakni dari sisi produksi dan distribusi dari luar daerah.

Ia mengungkapkan, sejauh ini pertanian di Riau terus memproduksi hasil pangan, baik itu tanaman padi, jagung, umbi-umbian, maupun sagu. Adapun pemenuhan cadangan pangan dari sisi distribusi masih disokong oleh provinsi tetangga yang merupakan daerah penghasil seperti Sumatra Barat dan Sumatra Utara.

baca juga: Media Group Bantu 18 Ribu Lebih APD untuk 10 RS di Sulsel

"Namun dalam meningkatkan volume cadangan pangan daerah dan target swasembada pangan, kami akan terus melakukan pemanfaatan terhadap aset lahan yang ada. Kemudian penyediaan benih unggul, jaringan irigasi dan infrastruktur, serta menguatkan peran kelembagaan," jelasnya.

Ia mengharapkan, dengan berbagai langkah dan pola pendekatan itu maka target ketahanan pangan daerah dapat terpenuhi. Sekaligus target untuk bisa meningkatkan kesejahteraan para petani di Riau.(OL-3)
 

Baca Juga

Ilustrasi

Kasus Denny Siregar Dilimpahkan ke Polda Jabar

👤Adi Kristiadi 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 17:32 WIB
Polresta Tasikmalaya telah melimpahkan penanganan kasus dugaan tindak pidana penghinaan atau pencemaran nama baik yang dilakukan, oleh...
MI/Supardji Rasban

Kekeringan Petani Cabai Brebes Merugi

👤Sipardji Rasban 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 17:27 WIB
"Sekarang sekali panen cuma dapatnya dalam hitungan kilogram. Ya,paling banyak 10 kilogram sekali panen," ujar Kholidin yang...
MI/ BARY FATHAHILAH

Pedagang Pernak-pernik Kemerdekaan Terdampak Covid-19

👤M Taufan SP Bustan 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 17:20 WIB
Pedagang pernak-pernik untuk perayaan HUT ke-75 Republik Indonesia yang mulai menjamur di jalanan Palu, Sulawesi Tengah, mengaku sepi...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya