Rabu 01 Juli 2020, 16:14 WIB

Peternak dan Pedagang Hewan Kurban tidak Usah Khawatir Covid-19

SUPARDJI RASBAN | Nusantara
Peternak dan Pedagang Hewan Kurban tidak Usah Khawatir Covid-19

MI/SUPARDJI RASBAN
Peternak dan Pedagang Hewan Qurban Diminta tidak Usah Khawatir Virus Korona.

 

MENJELANG datangnya Hari Raya Idul Qurban, para peternak dan pedagang hewan qurban diminta tidak perlu cemas dan khawatir terhadap virus korona. Sebab virus alpha korona tidak menular ke manusia.
     
Hal itu disampaikan Kepala Seksi/Kasi Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Brebes Jawa Tengah, Imam Santoso, usai melakukan pemeriksaan kesehatan hewan qurban (sapi) di Desa Pasarbatang, Kecamatan Brebes, Rabu (1/7/2020).
      
"Virus alpha korona tidak menular ke manusia dan tidak membahayakan. Karena itu kami dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Brebes tidak akan melakukan tes swab pada hewan kurban," ujar Imam.

Baca Juga: Memaksimalkan Daging Kurban di Masa Pandemi Covid-19
     
Imam menyebut, berbeda beda dengan virus korona yang awalnya dari kelelawar ke manusia, yang sekarang sudah bermutasi menjadi covid-19. Virus korona tidak menyerang pada hewan ternak ruminansia tapi pada ternak hewan yang lambung tunggal atau monogratstik. "Itu biasanya pada hewan anjing atau hewan kesayangan lainnya,"
terangnya.
     
Menurut imam, untuk alfa korona tidak zoonosis atau tidak menular pada manusia sehingga hewan ternak yang untuk dijadikan kurban selama kondisinya sehat/ aman-aman saja. "Para peternak dan para penjual hewan ternak di lapak-lapak tidak usah khawatir dan cemas," tegasnya.
     
Secara umum, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Brebes, telah melakukan langkah-langkah dalam menjelang Hari Raya Idul Qurban. "Untuk memastikan agar daging kurban yang dikonsumsi benar-benar sehat dan tidak berbahaya," pungkasnya. (JI/OL-10)

Baca Juga

ANTARA/IRWANSYAH PUTRA

PBM Tatap Muka, Pidie Sosialisasi Protokol Kesehatan Sekolah

👤Amiruddin Abdulla Reubee 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 07:40 WIB
Karena sekolah akan diselenggarakan secara tatap muka, Dinas Pendidikan Kab. Pidie minta sekolah sosialisasikan protokol...
MI/Apul Iskandar

Sembuh, 5 Pasien Covid-19 di RSUD Simalungun Dipulangkan

👤Apul Iskandar 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 07:26 WIB
Kelima pasien positif covid-19 yang dipulangkan itu dinyatakan sembuh usai menjalani 2 kali pemeriksaan swab dengan hasil...
MI/Rudi Agung

Soal Penyertaan Modal PDAM, Balikpapan Dinilai Langgar Perda

👤Rudi Agung 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 06:52 WIB
"Sebagaimana disebut di ayat 1 huruf A, kalau melihat isi ayat tersebut Pemerintah Daerah seharusnya penyertaan modal Rp4,6 miliar...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya