Rabu 01 Juli 2020, 16:02 WIB

Pemkab Klaten Salurkan Bantuan Sembako Tahap II

Djoko Sardjono | Nusantara
Pemkab Klaten Salurkan Bantuan Sembako Tahap II

MI/Djoko Sardjono
Bupati Sri Mulyani secara simbolis menyerahkan bantuan sembako di Balai Desa Gemblegan.

 

SEBANYAK 153 warga Desa Gemblegan, Kecamatan Kalikotes, Kabupaten Klaten (Jateng) yang terdampak Covid-19 mendapat bantuan sembako tahap II dari Pemkab Klaten, Rabu (1/7).

Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan oleh Bupati Sri Mulyani, dengan dihadiri tim Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Klaten dan Forkopimcam Kalikotes.

Kepala Desa Gemblegan, H Waloya melaporkan jumlah penduduk di desanya tercatat 2.101 kepala keluarga (KK). Dari jumlah itu, 1.431 KK telah menerima jaringan pengaman sosial tersebut.

Baca Juga: Terdampak Covid-19, Ribuan Warga Miskin Klaten Dapat Bantuan

Adapun penduduk yang belum mendapat bansos total 670 KK. Pemerintah desa pun telah mengusulkan ke provinsi bantuan untuk 428 KK. Kalau usulan itu disetujui hanya tinggal 242 KK.

''Kami mohon kepada Ibu Bupati untuk 242 KK penduduk desa ini yang belum terima bantuan sosial itu nanti bisa diusahakan pada tahap III," kata Kepala Desa Gemblegan Waloya.

Dilaporkan pula, bahwa 72 KK Desa Gemblegan tahun ini mendapat bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) dari pemerintah provinsi. Nilai bantuan per unit sebesar Rp17,5 juta.

Baca Juga: Dampak Covid-19, ODP Miskin di Klaten Dapat Bantuan Sembako

Sementara itu, Bupati Sri Mulyani mengharapkan bantuan sembako dari Pemkab Klaten tahap II kepada warga terdampak Covid-19 bermanfaat untuk meringankan beban hidup keluarga.

Soal 242 KK penduduk yang belum tersentuh bantuan, seperti disampaikan kepala desa, Sri Mulyani mengatakan kalau masuk kategori kurang mampu itu bisa diusulkan untuk tahap III.

''Perlu diketahui, bantuan sosial berupa sembako dari Pemkab Klaten yang disalurkan pada tahap II ini berjumlah sekitar 52.000 KK, terbesar di antara 401 desa dan kelurahan,'' pungkasnya. (JS/OL-10)

Baca Juga

DOK Humas Pemprov Kaltim

Wagub Kalimantan Timur Positif Covid-19

👤Rudi Agung 🕔Kamis 16 Juli 2020, 08:17 WIB
Wagub Kaltim terinfeksi covid-19 setelah melakukan pengecekan kesehatan rutin. Saat itu Wagub juga akan menemani istrinya yang menjalani...
ANTARA FOTO/Moullies

Akses Jalan Trans Sulawesi Belum Bisa Dilintasi

👤Lina Herlina 🕔Kamis 16 Juli 2020, 07:34 WIB
Tim SAR gabungamberhasil menyelamatkan 1.500 warga dari enam kecamatan yang terdampak banjir, yaitu Kecamatan Masamba, Sabbang, Baebunta,...
Istimewa

Pengamat: RUU Cipta Kerja Menguntungkan Pekerja

👤Denny Susanto 🕔Kamis 16 Juli 2020, 07:27 WIB
Pengamat ekonomi Prof Muhammad Handry Imansyah mengatakan RUU Cipta Kerja bukan hanya untungkan pengusaha, tapi buruh dan seluruh...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya