Rabu 01 Juli 2020, 15:30 WIB

Operasi Masker di Klaten Digelar Puluhan KTP Disita

Djoko Sardjono | Nusantara
Operasi Masker di Klaten Digelar Puluhan KTP Disita

MI/Djoko Sardjono
Warga terjaring operasi telah memakai masker saat mengambil KTP yang ditahan petugas, Rabu (1/7/2020)

 

GUGUS Tugas Pencegahan dan Pengendalian Gusgas PP) Covid-19 Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, menggelar operasi masker, Rabu (1/7). Kegiatan operasi ini untuk antisipasi dan pencegahan persebaran Covid-19 di Klaten.

Sementara, operasi masker tingkat kabupaten itu dipusatkan di simpang lima Jalan Mayor Kusmanto, Bramen, Klaten Utara, dengan melibatkan jajaran Polri, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan relawan PMI Cabang Klaten.

Plt Kepala Satpol PP Kabupaten Klaten, Rabiman, mengatakan operasi masker yang secara resmi dimulai 1 Juli 2020, bertujuan meningkatkan kesadaran dan disiplin masyarakat mematuhi masyarakat protokol pencegahan Covid-19.

"Untuk itu, Satgas Covid-19 Klaten akan terus menggiatkan operasi masker sampai persebaran virus korona teratasi, dan tatanan masyarakat kembali normal,� ujar Plt Kepala Satpol PP di lokasi operasi masker tersebut.

Saat ini, tingkat disiplin masyarakat mematuhi kebijakan protokol kesehatan dinilai masih kurang. Terbukti, dalam gelar operasi perdana ini banyak warga yang terjaring petugas karena tidak memakai masker.

Menurut Rabiman, sanksi bagi warga yang terjaring operasi karena tidak pakai masker, yaitu kartu tanda penduduk (KTP) yang bersangkutan ditahan. KTP dikembalikan saat datang mengambil memakai masker.

"Pada gelar operasi masker perdana ini sekitar 40 orang yang terjaring petugas. Karena tidak pakai masker, KTP ditahan dan baru dikembalikan saat yang bersangkutan mengambil kartu identitas diri itu sudah memakai masker," jelasnya.

Salah satu warga Klaten Utara, Yanto, 55, yang terjaring operasi kepada Media Indonesia  mengaku tidak pakai masker karena lupa. Selain itu, faktor terburu-buru karena ada hal penting yang perlu segera diselesaikan.

"Gelar operasi masker ini bagus. Saya setuju karena untuk menyadarkan dan mendisiplinkan masyarakat memakai masker. Karena, tujuannya untuk pencegahan persebaran Covid-19  di Klaten," ujarnya. (OL-13)

Baca Juga

MI/Martinus Solo

Lagi, Dua Pasien Positif Covid-19 di Kota Sorong Sembuh

👤Martinus Solo 🕔Minggu 12 Juli 2020, 07:45 WIB
Dengan demikian, total warga Kota Sorong yang dinyatakan sembuh dari covid-19 bertambah menjadi 58 orang. Sehingga persentase...
MI/Agus Utantoro

Jelang Pembukaa, Karyawan GLZoo Jalani Rapid Test

👤Agus Utantoro 🕔Minggu 12 Juli 2020, 07:30 WIB
Selain melakukan rapid test pada karyawan, GLZoo juga menambah fasilitas yang mendukung terpenuhinya protokol kesehatan di era kenormalan...
ANTARA/Mohammad Ayudha

Puluhan Tenaga Medis RSUD Moewardi Solo Reaktif Covid-19

👤Haryanto 🕔Minggu 12 Juli 2020, 03:40 WIB
Selain memperketat tracing kontak, RSUD Moewardi Solo juga mengurangi karyawan non medis sebanyak 50 persen serta mengurangi jumlah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya