Rabu 01 Juli 2020, 10:23 WIB

Bantu Tangani Covid-19, Jokowi: Polisi Harus Persuasif tapi Tegas

Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum
Bantu Tangani Covid-19, Jokowi: Polisi Harus Persuasif tapi Tegas

Dok: Biro Setpres/Agus Suparto
Presiden Joko Widodo didampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis

 

PRESIDEN Joko Widodo meminta seluruh jajaran Kepolisian Republik Indonesia (Polri) terlibat dalam upaya percepatan penanganan covid-19 mulai dari mendisiplinkan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan hingga mengawal penyaluran bantuan sosial ke berbagai daerah.

Jokowi juga menekankan, tugas-tugas tersebut harus dijalankan secara persuasif dan humanis karena keselamatan rakyat adalah yang paling utama.

"Keselamatan dan kepentingan rakyat adalah hukum tertinggi. Lakukan tugas kemanusiaaan secara persuasif dan humanis namun harus tetap waspada, cepat tanggap dan tegas dalam menangani setiap pelanggaran hukum dengan menjaga profesionalitas dan kepercayaan rakyat," ujar Jokowi saat memberi amanat dalam Perayaan Hari ke-74 Bhayangkara di Istana Negara, Jakarta, Rabu (1/7).

Baca juga:  Jokowi Pantau Serapan Anggaran

Kepala negara juga meminta Polri bisa semakin memperkuat sinergi dengan Kejaksaan Agung dan Komisi Pemberantasan Korupsi untuk mengawasi penggunaan anggaran penanganan covid-19 yang mencapai Rp695,2 triliun.

Aspek pencegahan harus dikedepankan. Jokowi tidak ingin aparat bertindak pasif, menunggu ada masalah baru bergerak.

"Jangan menunggu sampai ada masalah. Kalau ada potensi masalah, segera ingatkan. Tapi kalau sudah ada niat buruk untuk korupsi, ya harus ditindak. Silakan digigit saja apa lagi dalam situasi krisis seperti saat ini. Tidak boleh ada satu pun yang main-main," tegas Jokowi.(OL-5)

Baca Juga

MI/ADAM DWI

Saldi Isra Kuliahi para Penggugat

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 10 Juli 2020, 05:30 WIB
Ia juga mempertanyakan penjelasan para pemohon yang tidak rinci. Sayangnya, kali ini merupakan sidang perbaikan permohonan sehingga hakim...
MI/Susanto

KPK Selisik Kasus PT DI lewat Pejabat Bappenas

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Jumat 10 Juli 2020, 05:20 WIB
KPK terus menelisik kasus dugaan korupsi di PT Dirgantara Indonesia (PT DI). Mantan pejabat Bappenas juga turut diperiksa sebagai saksi,...
Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

Kasus UNJ Dapat Dibuka Kembali

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 10 Juli 2020, 05:15 WIB
Yusri juga menyebut pihaknya telah menggelar...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya