Rabu 01 Juli 2020, 07:45 WIB

10 Ton Gabah Kering Giling di dalam Gudang KUD di Garut Terbakar

Kristiadi | Nusantara
10 Ton Gabah Kering Giling di dalam Gudang KUD di Garut Terbakar

ANTARA/YUSUF NUGROHO
Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api yang membakar gudang ban di Desa Tenggeles, Kudus

 

Koperasi Unit Desa (KUD) di Kampung Cilageni, Desa Karangmulya, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, pada Selasa (30/6) malam sekitar pukul 20.30 WIB terbakar. Dalam musibah tersebut tidak ada korban jiwa, tetapi 10 ton gabah kering giling dan tiga kuintal beras hangus terbakar.

Komandan Koramil Kadungora, Kodim 0611 Garut, Kapten Inf Danzaini mengatakan satu bangunan milik KUD termasuk dua mesin penggilingan padi hangus terbakar. Kebakaran tersebut menyebabkan gabah dan beras yang disimpan di dalam gudang tidak bisa diselamatkan.

"Berdasarkan keterangan dari saksi, kebakaran ini terjadi akibat dari korsleting arus pendek listrik yang berada di tempat penggilingan padi dan membakar gabah hingga memunculkan api dan menjalar ke bangunan. Dalam kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa karena kondisinya tidak ada kegiatan penggilingan pada malam hari," kata Danzaini, Rabu (1/7).

Baca juga: Pelaku Usaha di Palangka Raya Wajib Punya Kartu Bebas Covid-19

Danzaini mengatakan bangunan yang hangus terbakar tersebut menyimpan 10 ton gabah siap giling, tiga kwintal beras, dua mesin gilingan padi, dua kuintal deudeuk, ratusan karung dan beberapa perlengkapan lainnya.

"Proses pemadaman awalnya itu memang dilakukan secara manual oleh TNI, Polri dan dibantu warga setempat. Karena angin cukup kencang, api malah membesar dan menjalar ke beberapa bagian yang mudah terbakar, tapi beruntung kobaran api tersebut bisa langsung dipadamkan setelah menerjunkan dua unit mobil pemadam kebakaran," ujarnya.

Kepala Damkar Garut Wawan Sobarna mengatakan kebakaran tersebut disebabkan korsleting arus pendek.

"Memang kobaran api yang membakar sebuah bangunan tersebut sempat menemui kesulitan karena angin kencang hingga api terus semakin besar. Namun, api dapat dipadamkan pada pukul 01.30 WIB dan sekarang petugas tengah melakukan pendinginan di lokasi yang terbakar agar kondisinya benar-benar padam," paparnya. (OL-14)

Baca Juga

Istimewa

Banjir Masamba Tewaskan Dua Orang, Trans Sulawesi Lumpuh

👤Lina Herlina 🕔Selasa 14 Juli 2020, 08:16 WIB
Meluapnya Sungai Masamba dan Sungai Meli di Masamba, Luwu Utara melumpuhkan jalan Trans Sulawesi. Ratusan rumah rusak, dan bandara pun ikut...
Antara/Yusuf Nugroho

Penerima BLT DD Harus Utamakan Untuk Kebutuhan Pangan Keluarga

👤Djoko Sardjono 🕔Selasa 14 Juli 2020, 07:47 WIB
Dalam kunjungan kerja di Polanharjo, Bupati Klaten Sri Mulyani menyerahkan secara simbolis BLT DD tahap III di lima desa, yaitu Desa...
MI/PIUS ERLANGGA

Kaltara Ditawari Hak 10 persen Kelola Blok Maratua II

👤Antara 🕔Selasa 14 Juli 2020, 07:39 WIB
Gubernur Kaltara Irianto Lambrie menyambut baik rencana pengembangan WK Maratua II yang ditawarkan oleh PT Pertamina (Persero) melalui PT...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya