Rabu 01 Juli 2020, 01:15 WIB

TikTok masih Mata-Matai Pengguna Iphone

Abdillah Marzuqi | Weekend
TikTok masih Mata-Matai Pengguna Iphone

DailyMail/Twitter
Aplikasi TikTok dikabarkan 'mengintip' teksnpada clipboard pengguna iPhone.

Lagi-lagi TikTok tersandung masalah privasi pengguna. Aplikasi itu dikabarkan masih memata-matai pengguna iPhone dengan cara membaca konten yang disimpan di clipboard secara diam-diam. Hal itu diketahui saat perangkat menjalankan Apple iOS 14 versi beta. Sebagaimana dilansir dari dailymail.co.uk. 

Sebelumnya, awal tahun ini TikTok juga dilaporkan diam-diam membaca clipboard pengguna iOS. Merespon laporan tersebut, pihak pengembang aplikasi itu lalu berjanji untuk tidak lagi melakukannya lagi.

Namun, beberapa pengguna menyebut kejadian itu masih terjadi saat mereka menjalankan Apple iOS 14. Hal itu diketahui saat muncul pemberitahuan di bagian atas perangkat Apple dengan iOS 14 bahwa aplikasi mengakses konten clipboard. TikTok kemudian mengklaim telah merilis aplikasi terbaru yang tidak lagi menyematkan 'fitur' tersebut ke App Store. 

Februari lalu, TikTok menyita perhatian publik sebab masalah privasi. Pengembang perangkat lunak menemukan masalah dalam sistem salin-tempel (copy-paste) pada Apple iOS. Tentu saja hal itu membuat keamanan informasi pengguna menjadi rentan.

TikTok pertama kalinya tersandung masalah privasi, bahkan tahun lalu sempat didenda US$5,7 juta atau sekitar Rp81,85 juta oleh otoritas AS atas tuduhan pengumpulan informasi pribadi dari anak-anak secara ilegal. (M-2) 

Baca Juga

MI

Hidangan Paus

👤Mawan Belgia 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 00:55 WIB
ADA seekor paus berukuran besar, agak lebih besar dari kayu gelondongan, terdampar di sebuah pantai yang...
MI/Adam Dwi

Lanjutkan Hobi Menulis Sepak Bola

👤MI 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 00:35 WIB
TUGAS barunya sebagai seorang duta besar membuat Suryopratomo harus rela meninggalkan dunia...
MI/Adam Dwi

Saling Dukung di Tengah Krisis

👤Putri Rosmalia 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 00:10 WIB
DI masa ‘kenormalan baru’ ini, pemerintah Indonesia dan Singapura pada 26 Oktober 2020 akan mengimplementasikan penuh...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya