Rabu 01 Juli 2020, 00:10 WIB

Derita Pasien Kanker Obat Kosong, Dokter Sulit

Atalya Puspa | Humaniora
Derita Pasien Kanker Obat Kosong, Dokter Sulit

Sumber: Globocan 2018/Kementerian Kesehatan/RS Dharmais/tim Riset MI-NRC/Foto: 123RF/Grafis: Seno

 

NITTA Suzana, 42, dilanda gundah luar biasa. Sebagai seorang pasien kanker payudara, ia harus rutin mengonsumsi obat tamoxifen selama 10 tahun tanpa putus. 

Namun, saat ini obat itu tidak bisa didapatkan di tempat tinggalnya di Depok, Jawa Barat. “Kekosongan obat ini sudah terjadi beberapa kali di Depok. Susah sekali mendapatkan tamoxifen,” kata Nitta kepada Media Indonesia, Sabtu (27/6).

Sejak terdiagnosis kanker payudara pada 2015, Nitta berobat tanpa menggunakan BPJS Kesehatan. Semua pelayanan dari operasi lumpectomy, kemoterapi, hingga radioterapi dijalankan tepat waktu tanpa hambatan. Hanya permasalahan ketersediaan obat saja yang sangat mengganggu.

“Saya harusnya membeli obat setiap 20 hari. Sekarang saya cuma pasrah,” tuturnya. 

Husna Diyarni, 46, seorang pasien kanker payudara di Kepulauan Riau juga merasakan hal serupa. Selain tamoxifen, obat yang harus dikonsumsi pascakemoterapi juga tidak ada. “Saya sudah tiga bulan enggak minum obat kemo oral. Dalam 14 hari, kita harus minum tujuh papan. Beli sendiri harganya Rp400 ribu. Satu papan isi 10 butir,” keluh Husna yang rutin berobat sejak 2016.

Selain kekosongan obat, Husna yang tergabung sebagai anggota Cancer Information and Support Center (CISC) juga menerima informasi soal ditutupnya pelayanan radioterapi atau pemeriksaan PET scan.

“Kita harus keluar kota seperti Medan atau bahkan ada yang sampai ke Jakarta. Amat sangat sulit bagi kita kalau harus berobat keluar pulau,” katanya.

Baca juga : Keberpihakan Negara pada Pasien Kanker

Baca juga : Teripang untuk Pengobatan kanker

Koordinator Pendamping Pasien Yayasan Kanker Payudara Indonesia Maria Shanty menyampaikan angka kejadian kanker payudara jika dibandingkan dengan kasus kanker lainnya menjadi yang tertinggi di Indonesia. Meski begitu, menurutnya, pemerintah kurang responsif dalam melayani pasien kanker payudara. Obat, kata Maria, bukanlah kendala utama, itu hanya sampingan.

Masalah utama yang dihadapi pasien kanker payudara ialah sulitnya mencari dokter spesialis bedah onkologi, spesialis onkologi medik, dan ahli patologi klinik. Demikian juga dengan alat-alat pemeriksaan dan terapi. “Belum merata di seluruh Indonesia sehingga menambah panjang angka keterlambatan penatalaksanaan,” serunya.

Itu belum lagi dengan adanya pembatasan jumlah pasien sehingga jadwal tunggu semakin panjang, terutama pada pasien baru. 


Masalah administrasi

Saat dikonfirmasi mengenai sering terjadinya kekosongan obat untuk pasien kanker, Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan Engko Sosialine Magdalene enggan berkomentar.

Namun, dokter spesialis bedah onkologi Sonar Soni Panigoro menduga bahwa kekosongan obat tersebut terjadi karena adanya hambatan dalam proses administrasi. “Kalau dari pabriknya sih, setahu saya lancar. Yang terjadi di lapangan karena proses pengadaan secara adminitrasi di tiaptiap RS atau apotek penyedia,” ungkapnya.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19, Doni Monardo, telah memasukkan pasien kanker sebagai kelompok rentan terkena covid-19 yang dampaknya mematikan. Pasalnya, hampir semua kasus yang menimbulkan kematian, yaitu 85% lebih, ialah mereka yang memiliki komorbid, seperti hipertensi, diabetes, asma, TBC, kanker, dan penyakit lainnya.

Doni mengingatkan kelompok rentan itu untuk berhati-hati melakukan kegiatan di luar rumah. Demikian juga dengan rumah sakit yang diminta menyediakan layanan adaptif dan meringankan kepada pasien kanker. (H-2)


 

Baca Juga

Dok. Instagram

Livi Zheng Melangkah Maju

👤Zubaedah Hanum 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 02:35 WIB
MUDA dan perempuan. Dalam sekali tepukan, sutradara Livi Zheng, 31, berhasil mematahkan anggapan bahwa orang muda dan perempuan ialah kaum...
Dok. Kevin Aprilio

Kevin Aprilio Berkali-kali Tertunda Akhirnya Menikah Juga

👤MI 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 02:15 WIB
MEMUTUSKAN untuk menikah di masa pandemi covid-19 menjadi sebuah keputusan besar yang diambil musikus Kevin...
Dok. Instagram

Adele Jadikan Kisah Diet Bahan Lelucon

👤MI 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 01:55 WIB
PENYANYI asal Inggris Adele, 32, hadir di panggung Saturday Night Live (SNL) pada Sabtu (24/10)...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya