Selasa 30 Juni 2020, 23:10 WIB

Kecamatan Tebet Mulai Awasi Penggunaan Kantong Plastik

Antara | Humaniora
Kecamatan Tebet Mulai Awasi Penggunaan Kantong Plastik

Ist
kantong plastik

 

Camat Tebet Dyan Airlangga menyatakan siap mengawasi pelaksanaan kebijakan larangan kantong plastik yang resmi diberlakukan mulai 1 Juli 2020 di pasar rakyat.

"Kalau kita bicara pasar, ketika di pasar sama sekali tidak menyediakan kantong plastik, masyarakat pasti akan sadar, hanya tinggal sentuh pola pikir warga, sambil kita mengawasi para pedagang khususnya di pasar," kata Dyan di Jakarta, Selasa (30/6).

Dyan menyebutkan, pengawasan di pasar rakyat lebih mudah dilakukan karena pengelolaannya di bawah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Perumda Pasar Jaya.

Sebelum diberlakukan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan dan Pasar Rakyat, dua pasar di Kecamatan Tebet telah dijadikan percontohan untuk gerakan menggunakan kantong belanja ramah lingkungan.

Kedua pasar tersebut, yakni Pasar Tebet Barat dan Pasar Tebet Timur. Hingga kini kedua pasar tersebut masih berkomitmen untuk menerapkan kebijakan larangan kantong plastik sekali pakai.

"Pasar tradisional spanduk sosialisasi sudah terpasang di sekitar pasar, memang sepertinya para pedagang ini siap tidak siap terkait kebijakan kantong belanja ramah lingkungan, tapi nanti pasti kita istilahkan akan kita paksa untuk itu," kata Dyan.

Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali dalam akun Instagram resmi miliknya mengajak warganya untuk bersama-sama mewujudkan lingkungan Jakarta Selatan yang bersih, sehat dan bebas sampah plastik.

"Biasakan untuk membawa kantong belanjaan di kendaraan masing-masing," kata Marullah. (OL-12)

Baca Juga

Antara/Aditya Pradana Putra

DK PWI Kecam Upaya Merusak Kredibilitas Wartawan dan Media

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 13 Juli 2020, 22:48 WIB
Peringatan Ketua DK- PWI itu disampaikan menanggapi beredarnya daftar nama pemimpin redaksi yang memenuhi undangan perjalanan ke luar...
Instagram @lestarimoerdijat

Wakil Ketua MPR tidak Setuju Belajar Diharuskan Tatap Muka

👤Teguh Nirwahyudi 🕔Senin 13 Juli 2020, 22:30 WIB
Apalagi, tambahnya, terpantau dalam kegiatan belajar mengajar tidak menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin,...
MI/Ramdani

45 Ribu WNI Repatriasi Dipulangkan Usai Negatif Korona

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 13 Juli 2020, 21:57 WIB
Puluhan ribu WNI repatriasi telah dipulangkan pemerintah ke tempat asalnya masing-masing. Mereka dinyatakan negatif covid-19 setelah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya