Selasa 30 Juni 2020, 21:08 WIB

Pelindo 1 Kucurkan Rp2,4 Miliar Dana Program Kemitraan

Yoseph Pencawan | Nusantara
Pelindo 1 Kucurkan Rp2,4 Miliar Dana Program Kemitraan

MI/ Yoseph Pencawan
Program kemitraan Pelindo 1

 

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero), atau Pelindo 1, masih berkomitmen melanjutkan program kemitraan yang sudah dimulai sejak 1991 yang saat ini sedang diarahkan untuk memproduksi perlengkapan pencegahan penularan Covid-19.

VP Public Relations Pelindo 1 Fiona Sari Utami mengungkapkan, total realisasi anggaran yang telah disalurkan kepada UMKM mitra binaan selama tahun 2019 sebesar Rp17,1 miliar.

"Sementara untuk tahun 2020 hingga bulan Mei, anggaran program kemitraan yang telah disalurkan sebesar Rp2,4 miliar," ujarnya, Selasa (30/6).

Dia menjelaskan, program kemitraan Pelindo 1 dijalankan utamanya untuk mendukung kemandirian ekonomi masyarakat. Para mitra binaan berasal dari berbagai sektor, seperti perdagangan, jasa, industri, pertanian, perikanan, peternakan dan perkebunan.

Program ini telah dimulai sejak tahun 1991 dan hingga saat ini sudah memiliki 1.323 mitra binaan yang tersebar di empat provinsi wilayah kerja Pelindo 1, yakni Aceh, Sumatra Utara, Riau dan Kepulauan Riau.

Program tersebut berupa pemberian bantuan pinjaman permodalan kepada UMKM yang dinilai layak. Kemudian memberikan pembinaan berupa pelatihan untuk mengoptimalkan kompetensi bidang usaha yang mereka tekuni.

Adapun syarat yang ditetapkan bagi para pelaku UMKM yang ingin ikut serta dalam program kemitraan Pelindo 1 dianggap cukup mudah. Antara lain memiliki usaha yang telah berjalan minimal 6 bulan, surat kuasa agunan/jaminan dan surat izin usaha atau keterangan Lurah.

Kemudian fotokopi KTP dan KK, foto tempat usaha serta denah lokasi usaha. Selanjutnya tim dari Pelindo 1 akan melakukan evaluasi terhadap pengajuan proposal dan melakukan survei ke lokasi usaha calon mitra.

Nilai pinjaman permodalan yang bisa didapatkan oleh calon mitra binaan senilai maksimal Rp200 juta, dengan jangka waktu pinjaman paling lama tiga tahun. Para mitra binaan pun diberi masa tenggang selama tiga bulan pertama sejak pinjaman diberikan.

"Bulan keempt baru mulai membayar cicilan," ujar VP Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Pelindo 1 Fatimah Zuhra.

Untuk mendukung keberlangsungan usaha mitra binaan di masa Pandemi Covid-19, Pelindo 1 melibatkan mereka dalam penyediaan barang untuk bantuan sosial dan alat-alat pencegahan penularan virus. Seperti masker, handsanitizer, Alat Pelindung Diri (APD), sembako serta kebutuhan lainnya. (OL-8)

Baca Juga

Antara/Yusuf Nugroho

Penerima BLT DD Harus Utamakan Untuk Kebutuhan Pangan Keluarga

👤Djoko Sardjono 🕔Selasa 14 Juli 2020, 07:47 WIB
Dalam kunjungan kerja di Polanharjo, Bupati Klaten Sri Mulyani menyerahkan secara simbolis BLT DD tahap III di lima desa, yaitu Desa...
MI/PIUS ERLANGGA

Kaltara Ditawari Hak 10 persen Kelola Blok Maratua II

👤Antara 🕔Selasa 14 Juli 2020, 07:39 WIB
Gubernur Kaltara Irianto Lambrie menyambut baik rencana pengembangan WK Maratua II yang ditawarkan oleh PT Pertamina (Persero) melalui PT...
MI/Hijrah Ibrahim

Bawaslu Maluku Utara Temukan Ribuan Pemilih Tak Dikenal

👤Hijrah Ibrahim 🕔Selasa 14 Juli 2020, 07:33 WIB
Temuan Bawaslu menyebutkan dari 1.032 jumlah desa dan kelurahan di Maluku Utara terdapat jumlah pemilih tidak dikenal sebanyak...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya