Selasa 30 Juni 2020, 16:26 WIB

RS di Jatim Manfaatkan Robot dalam Pelayanan Kesehatan

Wisnu AS | Nusantara
RS di Jatim Manfaatkan Robot dalam Pelayanan Kesehatan

Istimewa
SPERO membantu tenaga kesehatan di rumah sakit dalam hal mengurangi sebagian beban kerja tenaga kesehatan.

 

PENANGANAN pasien di tengah pandemi covid-19 harus dilakukan dengan aman dan tepat. RS Royal Surabaya sebagai salah satu rumah sakit rujukan di Jawa Timur memanfaatkan SPERO yang merupakan kepanjangan dari Support for Pandemic and Epidemic Robot.

Dewa Nyoman Sutanaya selaku Juru Bicara RS Royal Surabaya mengatakan,
SPERO merupakan salah satu bentuk dukungan dan bantuan dari Universitas Kristen Petra (UK Petra) dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi pasien covid-19 khususnya di RS Royal Surabaya.

Baca juga: Mulai Sabtu (21/3), Wisma Atlet Kemayoran Jadi RS Covid-19

"Kami sangat berterima kasih atas dukungan dari UK Petra dalam memberikan layanan kesehatan terutama pada masa pandemi covid-19,” ujar Dewa Nyoman Sutanaya dalam keterangan yang diterima Selasa (30/6/2020).

SPERO diperkenalkan kepada masyarakat pada 26 Juni 2020 melalui acara penandatangan kerja sama di lobi RS Royal Surabaya. Henny Poeri Margastuti selaku Direktur RS Royal Surabaya dan Petrus Santoso yang mewakili rektor UK Petra.

Tim Robot SPERO kemudian menunjukan demo peragaan dalam pelayanan kepada pasien. Salah satunya memberikan obat kepada pasien dan berkomunikasi melalui video teleconference sehingga memungkinkan komunikasi antar tenaga kesehatan dan pasien yang dirawat.

Dewa berharap SPERO membantu tenaga kesehatan di rumah sakit dalam hal mengurangi sebagian beban kerja tenaga kesehatan, meminimalisasi penggunaan alat pelindung diri (APD), dan mengurangi risiko paparan infeksi kepada tenaga kesehatan di rumah sakit.

Baca juga: 90% RS di Jakarta Rawat Pasien Terindikasi Covid-19

"Dan yang tidak kalah penting ialah jangan sampai menghilangkan kualitas komunikasi antara tenaga kesehatan dan pasien. Sebelum mulai diterjunkan di lapangan, tenaga kesehatan akan dilatih sebelumnya untuk mengoperasikan SPERO," tukasnya.

Uji coba kepada pasien akan dilakukan setelahnya. Proses ini ditargetkan selesai dalam waktu kurang dari 2 minggu. Diharapkan RS Royal Surabaya dapat memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik dan aman terutama bagi pasien covid-19. (RO/A-3)

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

Mentan Terjunkan Tim ke Sikka untuk Investigasi Flu Babi Afrika

👤Gabriel Langga 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 09:15 WIB
Terdapat 417 ekor babi milik warga yang mati mendadak. Kondisi ini terjadi di 16 kecamatan dari 21 kecamatan yang ada di Kabupaten...
MI/Djoko Sardjono

Klien Asimilasi Klaten Dapat Bantuan Sembako

👤Djoko Sardjono 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 08:51 WIB
Kepala Bapas Klaten Eko Bekti Susanto menyebut sebanyak 75 klien asimilasi menerima bantuan sembako program JPS Pemkab...
ANTARA/IRWANSYAH PUTRA

PBM Tatap Muka, Pidie Sosialisasi Protokol Kesehatan Sekolah

👤Amiruddin Abdulla Reubee 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 07:40 WIB
Karena sekolah akan diselenggarakan secara tatap muka, Dinas Pendidikan Kab. Pidie minta sekolah sosialisasikan protokol...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya