Selasa 30 Juni 2020, 13:39 WIB

WHO: Penularan Covid-19 Semakin Cepat

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
WHO: Penularan Covid-19 Semakin Cepat

AFP/FABRICE COFFRINI
Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus

 

SELAMA enam bulan, sejak virus korona baru (covid-19) pertama kali merebak di Wuhan, Tiongkok, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan mitranya telah bekerja untuk mendukung semua negara dalam menangani virus sangat menular tersebut.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada konferensi pers virtual, Senin (29/6), mengatakan walaupun banyak negara telah meraih kemajuan secara global dalam memerangi covid-19, penyebaran pandemi ini semakin cepat.

Baca juga: Virus Lebih Ganas dari Wuhan, Beijing Lakukan Karantina 28 Hari

Saat dunia membuat penemuan dan membangun solidaritas yang mengharukan, kata Tedros, masyarakat internasional menyaksikan tanda-tanda stigma, informasi yang salah, dan politisasi covid-19.

Ia menyatakan meskipun vaksin akan menjadi alat jangka panjang yang penting untuk mengendalikan covid-19, ada prioritas-prioritas yang harus dijalankan setiap negara harus fokus pada bagaimana menyelamatkan kehidupan manusia sekarang.

Hal itu termasuk memberdayakan masyarakat untuk memahami ada hal-hal yang harus dilakukan setiap orang untuk melindungi diri mereka sendiri dan orang lain.

"Termasuk tindakan mempraktikkan jarak fisik, menjaga kebersihan tangan, etika batuk, tinggal di rumah jika Anda merasa sakit, memakai masker saat yang tepat, dan hanya berbagi informasi dari sumber yang dapat dipercaya," kata Tedros.

Tedros menyoroti kurangnya persatuan nasional dan kurangnya solidaritas global yang membuat dunia terpecah. "Sebenarnya itu yang membantu virus ini menyebar,” tandasnya. (AA/OL-6)

Baca Juga

AFP

Pekan ini, Armenia-Azerbaijan Bertemu dengan Menlu AS

👤MI 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 01:45 WIB
MINGGU ini, menteri luar negeri Armenia dan Azerbaijan akan bertemu secara terpisah dengan Menteri Luar Negeri AS Mike...
Dok. Twitter @Jokowi

Istana: Jalan Jokowi di UEA tak Pengaruhi Dukungan RI ke Palestina

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 01:31 WIB
Sejumlah pihak menduga UEA berupaya mempersuasi Indonesia mendukung UEA yang tengah berupaya menormalisasi hubungan diplomatik dengan...
AFP

Polisi Nigeria Pelaku Penembakan Demonstran di Lagos

👤MI 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 01:25 WIB
AMNESTY International mengatakan sejumlah pengunjuk rasa telah dibunuh pasukan keamanan Nigeria di Negara Bagian...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya