Selasa 30 Juni 2020, 13:39 WIB

WHO: Penularan Covid-19 Semakin Cepat

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
WHO: Penularan Covid-19 Semakin Cepat

AFP/FABRICE COFFRINI
Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus

 

SELAMA enam bulan, sejak virus korona baru (covid-19) pertama kali merebak di Wuhan, Tiongkok, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan mitranya telah bekerja untuk mendukung semua negara dalam menangani virus sangat menular tersebut.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada konferensi pers virtual, Senin (29/6), mengatakan walaupun banyak negara telah meraih kemajuan secara global dalam memerangi covid-19, penyebaran pandemi ini semakin cepat.

Baca juga: Virus Lebih Ganas dari Wuhan, Beijing Lakukan Karantina 28 Hari

Saat dunia membuat penemuan dan membangun solidaritas yang mengharukan, kata Tedros, masyarakat internasional menyaksikan tanda-tanda stigma, informasi yang salah, dan politisasi covid-19.

Ia menyatakan meskipun vaksin akan menjadi alat jangka panjang yang penting untuk mengendalikan covid-19, ada prioritas-prioritas yang harus dijalankan setiap negara harus fokus pada bagaimana menyelamatkan kehidupan manusia sekarang.

Hal itu termasuk memberdayakan masyarakat untuk memahami ada hal-hal yang harus dilakukan setiap orang untuk melindungi diri mereka sendiri dan orang lain.

"Termasuk tindakan mempraktikkan jarak fisik, menjaga kebersihan tangan, etika batuk, tinggal di rumah jika Anda merasa sakit, memakai masker saat yang tepat, dan hanya berbagi informasi dari sumber yang dapat dipercaya," kata Tedros.

Tedros menyoroti kurangnya persatuan nasional dan kurangnya solidaritas global yang membuat dunia terpecah. "Sebenarnya itu yang membantu virus ini menyebar,” tandasnya. (AA/OL-6)

Baca Juga

AFP/ABDEL GHANI BASHIR

Imam di Beijing Minta Muslim Tiongkok Dukung Kebijakan Soal Haji

👤Antara 🕔Minggu 12 Juli 2020, 08:28 WIB
"Muslim di Tiongkok harus bisa memahami dan mendukung keputusan tidak pergi haji pada tahun ini. Ini sesuai dengan ajaran agama dan...
medcom.id

5 Orang Tewas dalam Insiden Serangan di Gereja Afrika Selatan

👤Faustinus Nua 🕔Minggu 12 Juli 2020, 06:50 WIB
Polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti. Ditemukan lebih dari 34 senjata api termasuk 5 senapan, 16 senjata lainnya dan 13 pistol di...
AFP/OZAN KOS

Kekhawatiran yang Terbukti tentang Hagia Sophia

👤Usman Kansong/X-8 🕔Minggu 12 Juli 2020, 04:32 WIB
Kekhawatiran itu terbukti. Erdogan dalam pidato yang disiarkan ke seluruh negeri mengatakan salat Jumat pertama dilaksanakan di Hagia...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya