Senin 29 Juni 2020, 23:37 WIB

Jakarta International Stadium bakal Jadi Ikon Ibu Kota

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Jakarta International Stadium bakal Jadi Ikon Ibu Kota

MI/Bary Fathahilah
pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) atau Stadion BMW di kawasan Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (20/12).

 

KETUA DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengungkapkan progres pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) yang berada di Kawasan Sunter Agung, Jakarta Utara baru 23,63%.

Ia menyebut tempat tersebut bakal menjadi ikon Ibu kota. Pihaknya mendorong PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sebagai pelaksana untuk memperhatikan fasilitas penunjang lainya yang ada di stadion tersebut.

Baca juga: Lanjutkan LRT Hingga Stadion BMW, Jakpro Butuh Rp4,1 Triliun

“Ini salah satu ikon Jakarta. Jangan hanya pikirkan stadionnya, tapi pikirkan juga akses menuju ke sananya, seperti pelebaran jalan," kata Prasetyo dalam keterangan tertulis, Jakarta, Senin (29/6).

Menurut Prasetyo, tempat tersebut dapat dijadikan fasilitas olahraga bagi masyarakat dengan gratis. Stadion JIS juga nantinya bisa menjadi ruang terbuka hijau.

"Bisa membuat orang nyaman saat ke stadion dan jadi tempat wisata juga. Turun dari transportasi bisa menikmati taman dan menghirup udara segar. Ini membuat orang sehat juga,” tutur politikus PDI Perjuangan itu.

Di sisi lain, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Dwi Wahyu Daryoto mengaku telah melakukan simulasi lalu lintas apabila sudah beroperasi tahun 2022 mendatang.

Baca juga: Pelatakan Batu Pertama Stadion BMW Digelar Besok

Pihaknya bakal berkoordinasi dengan PT Pembangunan Jaya Ancol untuk membuat park and ride bagi para penonton pertandingan sepak bola ataupun ingin berwisata ke stadion bertaraf internasional itu.

“Kami sudah lakukan simulasi untuk lalu lintas, tapi konsepnya stadion kita harus mengoptimalkan publik transportasi. Jadi nanti kita bikin park and ride di Ancol. Semua bus penonton parkirnya di sana," jelas Dwi.

Rencananya, beberapa fasilitas harus berbayar seperti jogging track, flying fox, panjat dinding atau walk climbing dan terjung lenting atau bungee jumping. (Ins/A-3)

Baca Juga

MI/Ramdani

Pendukung Anies Tolak Isu Agama Dibalik Penolakan Reklamasi Ancol

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 07 Juli 2020, 15:45 WIB
Jawara) Sanny Irsan meminta agar pihak-pihak yang mendukung Gubernur Anies Baswedan tak menutup mata terhadap isu lingkungan dan...
Antara/Muhammad Adimaja

Pemerintah Evalusi Opsi Penghapusan SIKM

👤Hilda Julaika 🕔Selasa 07 Juli 2020, 15:38 WIB
Kementerian Perhubungan berpendapat sudah saatnya menggulirkan relaksasi di sektor transportasi umum. Apalagi penerapan SIKM dinilai belum...
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Penerbitan Izin Reklamasi Ancol Dinilai Cacat Hukum

👤Selamat Saragih 🕔Selasa 07 Juli 2020, 15:33 WIB
Kepgub No 237/2020 tentang reklamasi Ancol dan Dufan haruslah didasarkan Peraturan Daerah tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya