Senin 29 Juni 2020, 18:44 WIB

PSSI Sebut 6 Stadion Piala Dunia U-20 Ditentukan FIFA

Rahmatul Fajri | Sepak Bola
 PSSI Sebut 6 Stadion Piala Dunia U-20 Ditentukan FIFA

Antara
Pekerja memotong rumput di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (29/6/2020)

 

KETUA Umum PSSI Mochamad Iriawan menjelaskan 6 stadion yang menjadi venue Piala Dunia U-20 2021 akan ditentukan oleh FIFA.

Sebelumnya, Iwan, sapaan akrabnya telah menunjuk enam stadion yang menjadi penyeleggara event dua tahunan itu. Enam stadion tersebut, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Stadion Gelora Sriwijaya Palembang, Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Bali.

Namun, Iwan mengatakan hal itu adalah rekomendasi dari pihaknya dan FIFA nantinya yang akan memutuskan.

"Kalau stadion nanti FIFA yang tentukan. Pemerintah tinggal diberi tahu. Kita keluarkan list 6 itu untuk bisa akselerasi pembangunan oleh Kementerian PUPR. Jadi, kami berikan surat ke FIFA. Kami jelaskan ke PUPR bahwa kita merekomendasikan 6 ini," kata Iwan, Senin (29/6).

Iwan mengatakan penunjukan 6 stadion itu dipilih setelah melalui pertimbangan. Ia mengatakan stadion-stadion itu telah menghelat event internasional dan dilengkapi fasilitas penunjang yang memadai, seperti Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Selain itu, Stadion I Wayan Dipta juga berada di Bali yang merupakan di daerah wisata yang menjadi daya tarik tersendiri.

"Saya rasa tidak ada masalah soal itu (rekomendasi)," ujar Iwan.

Kementerian Pemuda dan Olahraga sempat mempertanyakan penunjukan 6 stadion Piala Dunia U-20 2021 oleh PSSI.

Sekretaris Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto menilai PSSI telah melakukan klaim sepihak, karena FIFA yang berwenang menentukan stadion tersebut.

Menanggapi hal itu, Iwan mengatakan pihaknya telah mengirim surat kepada Kemenpora mengenai 6 stadion itu sebagai rekomendasi kepada FIFA.

"Kami sudah kirimkan surat dari Pak Sekjen (Yunus Nusi) tembusannya ke Kemenpora, kalau stadion nanti FIFA yang menentukan," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

SCOTT HEPPELL / AFP

Menang Banding, Citizen Akan Tetap Berlaga di Liga Champions

👤Akmal Fauzi 🕔Senin 13 Juli 2020, 17:20 WIB
CAS memutuskan bahwa Manchester City memenangkan banding yang diajukan sehingga mereka tetap berlaga di Liga Champions musim...
AFP/Fayez Nureldine

Cepat atau lambat, Xavi akan Latih Barcelona

👤Akmal Fauzi 🕔Senin 13 Juli 2020, 13:38 WIB
Presiden barcelona mengakui Xavi Hernandez bakalan kembali dan mengisi pos kepelatihan. Namun untuk saat ini, klub masih memberikan...
CRISTINA QUICLER / AFP

Sevilla Perpanjang Rekor tak Terkalahkan

👤Akmal Fauzi 🕔Senin 13 Juli 2020, 09:16 WIB
Kemenangan atas Mallorca membuat Sevilla bertengger di posisi keempat klasemen dengan 66 poin. Berkat hasil ini, Sevilla praktis...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya