Senin 29 Juni 2020, 14:57 WIB

Djoko Tjandra Tak Hadiri Sidang PK Dengan Alasan Tidak Enak Badan

Rifaldi Putra Irianto | Politik dan Hukum
Djoko Tjandra Tak Hadiri Sidang PK Dengan Alasan Tidak Enak Badan

MI/Soleh
Dokumentasi Foto Djoko Tjandra

 

BURON kasus korupsi cessie Bank Bali Djoko Sugiarto Tjandra tidak menghadiri persidangan permohonan peninjauan kembali (PK) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

kuasa hukum Djoko Tjandra, Andi Putra Kusuma, mengatakan dirinya mendapatkan kabar bahwa kliennya tidak dapat menghadiri persidangan dikarenakan sakit. "Kita ada surat keterangannya, kita serahkan ke majelis," ucap Andi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin,(29/6).

Ia pun mengaku tidak mengetahui lebih lanjut terkait penyakit yang diderita Djoko, ia hanya menyebutkan berdasarkan surat dokter Djoko tidak enak badan.

Saat ditanya terkait keberadaan Djoko, Andi mengaku tidak mengetahuinya. Bahkan dirinya sampai saat ini belum bertemu dengan kliennya tersebut. "Tidak tahu di Jakarta, atau di tempat lain. Karena saya komunikasi via Whatsapp aja," tuturnya.

Baca juga: Jaksa Agung: Heran, Imigrasi Tidak Mendeteksi Djoko Tjandra

Namun demikian, ia mengatakan akan berusaha untuk menghadirkan Djoko dalam persidangan yang akan datang. "Kalau memang syarat kehadiran syarat formil dari undang-undang, kita upayakan datang," sebutnya.

Dikarenakan Djoko Tjandra tidak hadir dalam persidangan, sehingga Sidang PK Djoko Tjandra dijadwalkan kembali digelar Senin, 6 Juli 2020.

Dapat diketahui, Pada Oktober 2008, PN Jaksel memvonis bebas Djoko Tjandra dari tuntutan dalam perkara korupsi cessie Bank Bali. Namun Kejagung melakukan upaya peninjauan kembali ke MA.

MA memutuskan mengganjar Djoko dengan kurungan dua tahun penjara serta membayar denda Rp15 juta. MA juga memerintahkan uang sebesar Rp546 miliar di Bank Bali harus diserahkan ke negara.

Sehari sebelum putusan, Djoko melarikan diri ke Papua Nugni pada 2009. Polri juga ikut memburu dengan menyebarkan red notice ke berbagai negara untuk dapat menjebloskan Djoko ke penjara menjalani masa tahanan selama dua tahun.

Setelah lama menghilang, saat ini beredar informasi kedatangan buronan Djoko Tjandra ke Indonesia dari Papua Nugini. Ia diterbangkan menggunakan pesawat sewaan menuju Indonesia pada Sabtu (27/6). Namun belum diketahui hingga saat ini dimana keberadaan Buron kasus korupsi cessie Bank Bali tersebut. (OL-4)

Baca Juga

MI/RAMDANI

Terkait E-KTP Joko Tjandra, Lurah Grogol Selatan Dinonaktifkan

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 12 Juli 2020, 11:00 WIB
Laporan investigasi Inspektorat sudah selesai dan jelas terlihat bahwa yang bersangkutan telah melanggar prosedur penerbitan e-KTP...
ilustrasi

Penganiayaan WNI ABK Lu Huang Yuan Yu Pakai Benda Tumpul

👤Kautsar Bobi 🕔Minggu 12 Juli 2020, 09:17 WIB
Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Ferdy Sambo mengatakan luka memar yang ada pada tubuh Hasan diakibatkan benda...
Medcom.id/Kautsar

NasDem Ajak Selandia Baru Perluas Kerja Sama

👤RO/P-2 🕔Minggu 12 Juli 2020, 06:04 WIB
Indonesia sudah memiliki program-progam dalam mengatasi dampak covid-19 seperti kartu prakerja, subsidi listrik oleh PLN, bantuan ekonomi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya