Senin 29 Juni 2020, 12:55 WIB

DKI Buka Jalur Prestasi PPDB 2020 Pada 1 Hingga 3 Juli

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
DKI Buka Jalur Prestasi PPDB 2020 Pada 1 Hingga 3 Juli

MI/FransiscoCarolio
Petugas melayani orangtua calon siswa yang mencari informasi PPDB 2020 di posko PPDB SMA Negeri 70, Jakarta

 

Pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membuka seleksi penerimaan peserta didik baru (PPDB) ajaran baru 2020-2021 lewat jalur prestasi pada 1-3 Juli mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Nahdiana menuturkan pembukaan seleksi jalur diperuntukkan bagi calon peserta didik yang tidak lolos dalam jalur inklusi, afirmasi, dan zonasi yang sudah ditutup.

"Peserta didik yang belum lolos seleksi, maka dapat mendaftar kembali pada jalur prestasi akademis yang akan dibuka tanggal 1 sampai 3 Juli 2020," jelas Nahdiana dalam siaran youtube, Jakarta, Senin (29/6).

Baca juga: Setuju Syarat Usia PPDB DKI, Gerindra: Itu Fair

Berbeda dengan jalur zonasi dengan syarat usia, jalur prestasi tidak menggunakan batasan seleksi tersebut. Nahdiana mengatakan jalur ini untuk mengakomodasi calon peserta didik yang berprestasi secara akademis.

Semua calon siswa yang ikut jalur prestasi bisa mendaftar di seluruh sekolah di Jakarta. Nahdiana menerangkan jalur prestasi memperhitungkan rata-rata nilai akademis selama 5 semester terakhir.

Selain itu, calon siswa juga mempertimbangkan nilai akreditasi sekolah dari nilai rapor yang digunakan jenjang SD ke SMP.

"Sedangkan nilai rapior yang digunakan untuk jenjang SMP ke SMA atau SMK meliputi mata pelajaran Bahasa Indonesia, MTK (matematika), IPA atau IPS, dan Bahasa Inggris. Proses seleksi dilakukan dengan mengurutkan dari nilai tertinggi ke nilai yang lebih rendah sesuai dengan jumlah kuota yang tersedia," pungkas Nahdiana. (OL-14)

Baca Juga

MI/Ramdani

Anies: Pandemi, Satu Juta Orang di Jakarta Bekerja dari Rumah

👤Selamat Saragih 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 19:47 WIB
Orang-orang sekarang bebas bersepeda di pagi hari sebelum berangkat kerja atau kadang berangkat kerja dengan...
MI/ANDRI WIDIYANTO

PSBB Transisi, Taman Margasatwa Ragunan Masih Sepi Pengunjung

👤Deden Muhamad Rojani 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 16:48 WIB
Di hari Sabtu pekan lalu jumlah orang yang datang berada di kisaran 800 pengunjung dan Minggu pekan lalu mencapai 1.500...
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Anies: Covid -19 Justru Membuka Peluang Dunia Digital

👤Deden Muhamad Rojani 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 15:53 WIB
Pandemi justru membuat kegiatan masyarakat lebih leluasa lantaran kegiatan dilakukan secara daring, masyarakat lebih bebas memilih...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya