Minggu 28 Juni 2020, 19:20 WIB

Akhir Pekan Pantai Palabuhanratu Kembali Disesaki Wisatawan

Benny Bastiandy | Nusantara
Akhir Pekan Pantai Palabuhanratu Kembali Disesaki Wisatawan

MI/Benny Bastiandi
Pantai Pelabuhanratu kembali diramaikan wisatawan di akhir pekan.

 

KAWASAN Pantai Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, kembali dipadati wisatawan saat liburan akhir pekan. Kondisi tersebut tak terlepas masa transisi dari pembatasan sosial berskala besar (PSBB) proporsional menuju adaptasi kebiasaan baru (AKB).

Kepala Operasional dan SDM Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Sukabumi, Asep Edom Saepulloh, mengatakan sudah hampir sebulan terakhir, setiap akhir pekan, kawasan Pantai Palabuhanratu dan sekitarnya terus dipadati wisatawan. Bahkan, tak hanya di Palabuhanratu saja, di pesisir pantai selatan lainnya, termasuk di kawasan Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark pun ramai pengunjung.

"Hampir setiap akhir pekan kurun sebulan terakhir, kawasan objek wisata pantai di selatan Sukabumi selalu dipadati wisatawan," kata Asep, Minggu (28/6).

Padatnya wisatawan di kawasan Palabuhanratu dan sekitarnya dibuktikan dengan lahan-lahan parkir yang juga dipadati kendaraan. Seperti di Pantai Citepus Istana Presiden, Pantai Citepus Balai Desa Citepus Kecamatan Palabuhanratu serta di Pantai Karanghawu dan Pantai Cibangban di Kecamatan Cisolok. Asep menuturkan, wisatawan mulai ramai berdatangan sejak Jumat (26/6).

Mereka bukan hanya wisatawan lokal saja, tapi juga banyak yang datang dari luar daerah, seperti Bandung, Cianjur, Bogor, serta Banten. Personel Balawista Kabupaten Sukabumi pun meningkatkan pengawasan dan penjagaan, utamanya menyangkut keselamatan para wisatawan.

"Kami siagakan personel di semua titik pos pengawasan dan pengamanan di seluruh objek wisata pantai. Sekaligus juga mengingatkan wisatawan agar menerapkan protokol kesehatan saat pandemi covid-19," pungkasnya.

Yoga Andika, 33, wisatawan asal Cianjur, mengaku sengaja membawa keluarga berlibur ke Pantai Palabuhanratu mengingat saat ini mulai diterapkannya kebijakan AKB. Ia mengaku selama pandemi covid-19 setiap akhir pekan hanya berkumpul bersama keluarga di rumah.

"Biasanya kalau ada libur panjang atau akhir pekan, saya biasa membawa keluarga liburan ke Palabuhanratu. Alhamdulillah sekarang baru bisa liburan lagi ke sini (Palabuhanratu)," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga: Perlu Norma Baru dalam Kepemimpinan

 

Baca Juga

ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

Serangan Hama Belalang di Sumba Timur Meluas

👤Palce Amalo 🕔Minggu 12 Juli 2020, 13:07 WIB
Serangan hama belalang telah mencapai 13  titik termasuk Bandar Udara Umbu Mehang Kunda di Waingapu, ibu kota Kabupaten Sumba Timur....
MI/Denny Susanto

Masyarakat Pesisir Sungai Kalsel Olah Eceng Gondok Jadi Kertas

👤Denny Susanto 🕔Minggu 12 Juli 2020, 12:45 WIB
Program ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan keterampilan masyarakat Desa Wisata Lok Baintan agar menjadi lebih kreatif dan...
Dok pemprov jatim

Koperasi di Jatim Harus Percepat Transformasi Digital

👤RO/Micom 🕔Minggu 12 Juli 2020, 12:39 WIB
Pandemi covid-19 harus dijadikan momentum bagi koperasi untuk masuk ke dalam ekosistem...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya