Minggu 28 Juni 2020, 17:38 WIB

Waspada Angin Kencang dan Gelombang Tinggi di Babel

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Waspada Angin Kencang dan Gelombang Tinggi di Babel

Antara
Ilustrasi

 

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Depati Amir Pangkalpinang mengingatkan nelayan untuk waspada potensi angin kecang dan gelombang tinggi disejumlah perairan di Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Kepala seksi Informasi dan data BMKG kelas I Pangkalpinang Kurniaji mengatakan kecepatan angin di perairan selatan Bangka 40 km/jam dengan ketinggian gelombang 1,5 meter.

Di perairan lanjutnya utara Bangka kecepatan angin 40 km/jam tinggi gelombang maksimal 2 meter, selat karima pun demikian angin 40 km/jam gelombang 2 meter.

"Bagi perahu nelayan, kita himbau untuk waspada pasalnya ketinggian gelombang bisa bertambah seiring dengan adanya potensi awan comulonimbus," kata Kurniaji. Minggu (28/6).

Baca juga : Penyelundupan Ratusan Ekor Burung Kacer Digagalkan

Sedangkan menurutnya untuk ketinggian air di Bangka Barat 0.85 meter, Belinyu Bangka 1.11 meter, Sungailiat Bangka 1.96 meter, Toboali Bangka selatan 1.57 meter, Tanjung Pandan Belitung 1.17 meter, membalong Belitung 2.05 meter dan Kelapa Kampit Belitung Timur1.53 meter.

"Untuk pasang air laut tinggi ini, hanya di membalong Belitung 2 meteran sedangkan di daerah lain relatif 1 meteran,"terangnya.

Ia menambahkan untuk potensi hujan dengan intensitas sedang dan lebat disertai angin kencang dan petir masih akan terjadi diselat Bangka, Sungai Selan Bangka Tengah, Simpang rimba Panyung Bangka Selatan dan meluas ke Bangka, mentok Bangka Barat serta pulau besar.(OL-2)

Baca Juga

ANTARA/Adwit B Pramono

Sebulan Gratis, Tarif Tol Manado-Bitung telah Ditetapkan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 02:30 WIB
Tarif tol Manado-Bitung, Sulawesi Utara akhirnya ditetapkan sebesar Rp1.111 per kilometer setelah selama hampir satu bulan...
MI/Dwi Apriani

Instalasi Lateks Pekat, Muba Maksimalkan Serapan Karet Petani

👤Dwi Apriani 🕔Senin 26 Oktober 2020, 22:00 WIB
"Hari ini kami mewujudkan penggunaan teknologi yang lebih maju dengan pembuatan aspal karet yakni lateks pekat terpravulkanisasi...
MI/Supardji Rasban

Delapan Kecamatan di Brebes Rawan Bencana

👤Supardji Rasban 🕔Senin 26 Oktober 2020, 21:50 WIB
MEMASUKI musim penghujan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes, Jawa Tengah, bersama TNI dan Polri menggelar apel antisipasi bencana, di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya