Minggu 28 Juni 2020, 17:18 WIB

Penyelundupan Ratusan Ekor Burung Kacer Digagalkan

Eva Perdiana | Nusantara
Penyelundupan Ratusan Ekor Burung Kacer Digagalkan

MI/Eva Perdiana
Burung Kacer

 

Karantina Pertanian Lampung bersama Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Pelabuhan Bakauheuni gagalkan penyelundupan 400 ekor burung kacer.

Ratusan burung yang dibawa menggunakan mobil minibus asal Jambi menuju Jakarta tersebut digagalkan oleh petugas di pintu masuk Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung Selatan, kemarin.

"Sekitar pukul 18.30 WIB saat petugas gabungan melakukan pemeriksaan rutin, mencurigai mobil bernomor polisi D yang hendak menuju Pulau Jawa. Setelah dilakukan pemeriksaan ditemukan puluhan boks yang berisi burung yang tidak dilengkapi dokumen dipersyaratkan," ujar Kasi Pengawasan dan Penindakan Karantina Pertanian Lampung, Karman, Minggu (28/6).

Baca juga : BPBD Sukabumi Waspadai Potensi Krisis Air dan Kebakaran Lahan

Karman menjelaskan, setelah ratusan burung kacer tersebut diamankann, Karantina Pertanian Lampung melakukan pengujian cepat (rapid test) terhadap penyakit avian influenza dan dinyatakan negatif. Selanjutnya, pihaknya berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Lampung untuk diserahterimakan.

"Penyelundupan burung tanpa disertai dokumen ini bukanlah hal yang pertama,sejak tahun 2020 periode Januari hingga Juni tercatat sebanyak 29 ribu ekordengan frekuensi 43 kali penahanan burung ilegal yang keseluruhanya telahdiserahterimakan ke BKSDA untuk dilepasliarkan ke habitat asalnya," ujar Karman. (OL-2)

 

Baca Juga

MI/Reza Sunarya

Sekolah di Purwakarta Tetap Gelar Belajar Daring

👤Reza Sunarya 🕔Rabu 15 Juli 2020, 11:36 WIB
Belum zona hijau, Dinas Pendidikan Purwakarta untuk mengecek kesiapan sarana dan pra sarana anak-anak agar bisa melaksanakan kegiatan...
MI/Hijrah Ibrahim

Peringatan Mendagri Tak Mempan, 5 Daerah Telat Cairkan NPHD

👤Hijrah Ibrahim 🕔Rabu 15 Juli 2020, 11:30 WIB
Lima daerah di Maluku Utara yang hingga kini belum 100 persen mencairkan dana  Pilkada 2020 adalah Kota Ternate, Kabupaten Halmahera...
ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Pemkab Kulonprogo Hapus Pajak Restoran & Hiburan Selama 6 Bulan

👤Antara 🕔Rabu 15 Juli 2020, 10:43 WIB
Insentif berupa penghapusan pajak usaha restoran dan hotel serta pajak hiburan selama enam bulan dari Maret hingga Agustus pada masa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya