Minggu 28 Juni 2020, 10:30 WIB

Tak Jadi Pusat CFD, Warga Tetap Antusias Bersepeda di Sudirman

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Tak Jadi Pusat CFD, Warga Tetap Antusias Bersepeda di Sudirman

ANTARA
Warga mengayuh sepedanya saat melintas di kawasan bundarah Hotel Indonesia Jakarta, Minggu (28/6/2020).

 

MESKI Jalan Sudirman - MH Thamrin tidak menjadi pusat kegiatan car free day (CFD), warga tetap antusias bersepeda. Dinas Perhubungan DKI Jakarta telah memutuskan mengganti alternatif ruas lain untuk kegiatan outdoor itu.

Dilansir dari instagram @jktinformasi Minggu (28/6) warga yang lalu lalang dengan bersepeda atau jalan kaki menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker.

Baca juga: Sim Keliling Hanya ada di Masjid At-Tin dan Satpas Daan Mogot

"Suasana di Jalan Sudirman-Thamrin pagi ini, kegiatan CFD di area jalan utama Sudirman Thamrin ditiadakan dan dialihkan ke 32 titik. Masyarakat Jakarta tetap antusias berolahraga di sekitaran GBK (Gelora Bung Karno) dan sepanjang jalan Sudirman Thamrin," tulis akun @jktinformasi, Minggu (28/6).

Adapun, ruas CFD yang berada di Jakarta Pusat ialah ada di Jalan Suryopranoto, Jalan Percetakan Negara 2, Jalan Pejagalan Raya, Jalan Paseban Rayan Jalan Zamrud Raya, Jalan Amir Hamzah, Jalan Pramuka Sari 1 dan Jalan Danau Tondano.

Suku Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Jakarta Pusat dalam postingannya @kominfotikjp mengatakan suasana kawasan di ruas Jalan Suryopranoto-Jalan Balikpapan, Jakarta Pusat, juga terlihat warga asik bersepeda. Kendaraan bermotor dilarang melintas di kawasan tersebut dan ruas CFD yang ditentukan.

"Tampak warga dapat berolahraga dengan nyaman karena tidak ada kendaraan bermotor yang dapat melintas di sini. Juga tidak terlihat adanya kerumunan, yang ada hanya aktivitas olahraga," demikian tulisan akun @jktinformasi.

Pada awal pembukaan kembali CFD di tengah pandemi pada Minggu (21/6), Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mencatat lebih dari 40 ribu orang memadati kawasan CFD. Kawasan Bundaran HI yang menjadi spot warga berkerumun saat itu, dikecam banyak pihak. Termasuk Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang menyebut kawasan tersebut bisa menjadi klaster baru Covid-19.

Untuk mengurai kerumunan saat CFD tersebut, Dishub memutuskan untuk mengalihkan jalur kegiatan itu di 32 ruas yang tersebar di lima wilayah Jakarta.

Sebelumnya, Kepala Dishub DKI Syafrin Liputo menuturkan dalam mengawasi CFD 1.526 petugas berjaga mengawasi di 32 lokasi tersebut. Mereka terdiri dari Dishub 639 orang, Satpol PP 755, kemudian TNI Polri 132. (OL-6)

Baca Juga

MI/Ramdani

Pendukung Anies Tolak Isu Agama Dibalik Penolakan Reklamasi Ancol

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 07 Juli 2020, 15:45 WIB
Jawara) Sanny Irsan meminta agar pihak-pihak yang mendukung Gubernur Anies Baswedan tak menutup mata terhadap isu lingkungan dan...
Antara/Muhammad Adimaja

Pemerintah Evalusi Opsi Penghapusan SIKM

👤Hilda Julaika 🕔Selasa 07 Juli 2020, 15:38 WIB
Kementerian Perhubungan berpendapat sudah saatnya menggulirkan relaksasi di sektor transportasi umum. Apalagi penerapan SIKM dinilai belum...
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Penerbitan Izin Reklamasi Ancol Dinilai Cacat Hukum

👤Selamat Saragih 🕔Selasa 07 Juli 2020, 15:33 WIB
Kepgub No 237/2020 tentang reklamasi Ancol dan Dufan haruslah didasarkan Peraturan Daerah tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya