Sabtu 27 Juni 2020, 21:25 WIB

Pemuda Harapkan NasDem Terus Kembangkan Demokrasi di Papua

Emir Chairullah | Nusantara
Pemuda Harapkan NasDem Terus Kembangkan Demokrasi di Papua

MI/Marcel Kelen
Tokoh muda Papua Samuel Tabuni

 

KAUM muda Papua berharap Partai NasDem bisa ikut manjadi bagian dalam proses demokratisasi dalam memperjuangkan hak-hak rakyat Papua. Tokoh muda Papua Samuel Tabuni berharap keberadaan partai yang dipimpin Surya Paloh ini mampu menjembatani para pemuda/generasi muda Papua dalam menampilkan wajah dan karakter keaslian Papua.

“Kami berharap Partai NasDem di Papua harus menjadi partai yang demokratis, terbuka dan jujur dari mulai kepemimpinan wilayah, pimpinan cabang hingga pimpinan ranting,” kata tokoh muda Papua Samuel Tabuni dalam keterangan persnya, Sabtu.

Samuel yang merupakan kader NasDem Papua mengaku khawatir apabila partai yang dipimpin Surya Paloh itu dikuasai sekelompok orang atau elite yang tidak memahami kondisi orang asli Papua.

Karena itu, dalam proses pencarian/seleksi/calon pemimpin/kader terbaik harus mempertimbangkan faktor-faktor yang betul-betul dapat meningkatkan elektabilitas partai dengan melihat pada aspek ketokohan, elektabilitas calon, dan kemampuan dalam membangun nilai-nilai sosial di masyarakat.

Baca juga : Pemkot Yogya Klaim Mampu Jalani Kenormalan Baru

“Jangan sampai akhirnya memilih calon yang memiskinkan orang asli Papua,” tegasnya.

Samuel menyarankan agar NasDem tidak harus melihat aspek sistem noken sebagai ukuran pemenangan salah satu calon, khususnya di wilayah pegunungan Papua. Karena kenyataannya sistem ini tidak dikendalikan oleh kepala suku dan tokoh agama, melainkan dikendalikan oleh penyelenggara yang tidak dewasa dan tidak bertanggung jawab.

Samuel menyebutkan, dirinya tidak ingin tingkat kepercayaan masyarakat Papua kepada NasDem menjadi turun atau kesulitan dalam meraih suara yang baik akibat praktik yang mencoba merusak demokrasi.

“Kami tidak ingin elektabilitas Partai NasDem ke depan mengalami penurunan hasil pemilihan yang signifikan akibat perilaku tidak etis yang dilakukan sekelompok elite di Papua,” pungkasnya. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA/IRWANSYAH PUTRA

PBM Tatap Muka, Pidie Sosialisasi Protokol Kesehatan Sekolah

👤Amiruddin Abdulla Reubee 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 07:40 WIB
Karena sekolah akan diselenggarakan secara tatap muka, Dinas Pendidikan Kab. Pidie minta sekolah sosialisasikan protokol...
MI/Apul Iskandar

Sembuh, 5 Pasien Covid-19 di RSUD Simalungun Dipulangkan

👤Apul Iskandar 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 07:26 WIB
Kelima pasien positif covid-19 yang dipulangkan itu dinyatakan sembuh usai menjalani 2 kali pemeriksaan swab dengan hasil...
MI/Rudi Agung

Soal Penyertaan Modal PDAM, Balikpapan Dinilai Langgar Perda

👤Rudi Agung 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 06:52 WIB
"Sebagaimana disebut di ayat 1 huruf A, kalau melihat isi ayat tersebut Pemerintah Daerah seharusnya penyertaan modal Rp4,6 miliar...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya