Sabtu 27 Juni 2020, 18:45 WIB

Kementan Dorong Sayuran Organik dari Petani Milenial

Akhmad Safuan | Ekonomi
Kementan Dorong Sayuran Organik dari Petani Milenial

MI/Ahmad Safuan
Sayuran organik menjadi pilihan petani milenial dalam budidaya pertanian.

 

MENTERI Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo bersama anggota Komisi IV DPR Luluk Hamidah mengunjungi dan panen sayur organik di kawasan Sayur Organik Merbabu (SOM) Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah Sabtu (27/6).

Kunjungan ini bertujuan untuk mendorong budidaya sayur organik yang maju, mandiri dan modern oleh petani milenial, sehingga produksinya dapat memenuhi permintaan di masa new normal yang kian melejit.

Hadir anggota DPD Denty Eka Widi Pratiwi, Bupati Semarang Mundjirin, Danrem 073/Makutarama Kolonel Arm Moch Erwansjah, Kajati Jawa Tengah, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Jawa Tengah Suryo Banendro, Kepala Polres Semarang AKB Gatot Hendro Hartono, Dandim 0733/BS Semarang Kolonel Inf Yudhi Diliyanto dan jajaran Eselon I Kementan.

Mentan SYL, demikian ia disapa, mengatakan sektor pertanian di era new normal atau kenormalan baru harus diperkuat sehingga benar-benar menjadi penyokong utama perekonomian nasional. Pandemi Covid-19 telah membuat dunia berubah dan menguji semua daerah dan sebuah negara apakah mampu menjadi pemenang.

"Indonesia adalah bangsa pejuang dan Provinsi Jawa Tengah khusus Kabupaten Semarang harus menjadi garda terdepan dan lokomotif memajukan perekonomian melalui sektor pertanian," kata Mentan SYL.

Petani tetap bersemangat menyediakan pangan, ujar SYL, rakyat jangan sampai ada yang teriak lapar dan ini tantangan kita bersama yang harus kita menangkan, maka diharapkan dalam kunjungan di SOM Kepang ini agar semua pihak semangat menyediakan pangan secara maju, mandiri dan modern bahkan
bisa ekspor dalam menghadapi tantangan dampak covid 19.

Sektor pertanian menjadi satu-satunya solusi, lanjut Syahrul, karena tidak mengenal krisis sepanjang diolah dengan optimal, maka pertanian harus akseleratif bertumbuh lebih baik dari apa yang ada. “Apa yang dilakukan petani milenial yaitu Sofyan bersama teman-teman di SOM ini sudah menjawab
tantangan," imbuhnya.

"Ini cuma 10 hektar kurang lebih hasilnya Rp300 juta perbulan, dikerjakan 25 orang sehingga penghasilanya kurang lebih Rp10 juta per orang per bulan. Maaf gajinya Pak Bupati kalah," ucap Syahrul.

Syahrul bertekad untuk mengembangkan model budidaya SOM ini ke daerah lain agar pertanian secara merata di semua daerah menjadi penopang perekonomian. Kementan memberikan dukungan nyata berupa bantuan benih, pupuk, alat mesin pertanian, asuransi dan dana KUR.

"Kita minta pemerintah daerah dan petani muda juga mengoptimalkan dana KUR. Kami terus bantu fasilitasi agar pertanian semakin kuat," tagasnya.

Bupati Semarang, Mundjirin ES mengapresiasi kunjungan kerja Menttan SYL untuk memajukan pengembangan komoditas hortikultura khususnya sayuran yang permintaanya saat ini naik 300 persen.
Budidaya sayuran di SOM Kepang sudah dikunjungi oleh investor dari Singapura dan membuktikan sayuran petani Kepang benar-benar organik.

"Harga sayuran yang dihasilkan di sini cukup tinggi hingga Rp100 ribu per kilogram, dipasarkan secara lokal, masuk supermarket dan sekarang merambah pasar online," sebutnya.

"Selain itu ada beberapa yang pernah diekspor seperti buncis. Disamping itu juga ada beberapa buah-buahan seperti alpukat dan durian telah sertifikat. Petani kami juga membudidayakan bunga seperti krisan dan ada juga tanaman lain seperti empon-empon dan jahe," pintanya.

Perlu diketahui, luas lahan pertanian Kabupaten Semarang 25 ribu hektar atau hanya 3% kurang dari luas lahan Provinsi Jawa Tengah. Pengembangan produk sayuran di SOM Kepang dilakukan 10 kelompok tani luasnya 50 hektar. (OL-13)

Baca Juga: Mentan SYL Berkomitmen Jaga Target Produksi

Baca Juga

Ant/Iggoy el Fitra (Str)

Ini Pentingnya Big Data dalam Penyaluran Subsidi Rumah

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 13 Juli 2020, 21:40 WIB
Big data hunian saat ini diaplikasikan melalui Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (Sikasep) dan Sistem Informasi Kumpulan Pengembang...
Ilustrasi

Sosialisasi Insentif Pajak UMKM Perlu Diperluas

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Senin 13 Juli 2020, 21:37 WIB
Dia menambahkan, Direktorat Jenderal Pajak Kementerian keuangan sebagai aktor utama dalam pemberian insentif pajak tidak bisa bergerak...
Dok Viercorp

Geliat Ekspansi Proyek Pariwisata di NTT

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 13 Juli 2020, 21:30 WIB
Viercorp menargetkan proyek pariwisata kelas atas Amanama Resort di Adonara, Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai beroperasi pada Januari...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya