Sabtu 27 Juni 2020, 17:03 WIB

Satpol PP Larang Warga tak Pakai Masker Masuk Area Car Free Day

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Satpol PP Larang Warga tak Pakai Masker Masuk Area Car Free Day

Antara/Galih Pradipta
Warga memadati area CRD di Jakarta, pekan lalu

 

DINAS Perhubungan DKI Jakarta akan menguji coba penerapan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) yang dibagi ke 32 titik di lima wilayah DKI Jakarta, Minggu (28/6).

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin menegaskan pihaknya akan menegakkan aturan protokol kesehatan kepada seluruh pengunjung HBKB.

"Untuk warga yang tidak memakai masker maka akan kami larang masuk ke area yang sudah ditentukan," kata Arifin saat dihubungi Media Indonesia, Sabtu (27/6).

Satpol PP DKI Jakarta akan menerjunkan hampir 600 orang petugasnya ke seluruh lokasi tersebut guna melakukan pengawasan terhadap penerapan protokol kesehatan.

"Warga ya dalam kesempatan ini saya imbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan bila besok datang ke kawasan pesepeda. Karena untuk menjaga diri sendiri dan orang lain juga dari penyebaran covid-19. Kita tidak segan untuk menindak bila nanti di sana ditemukan ada yang berkerumun, atau melepas maskernya dalam jangka waktu lama, maskernya hanya digantungkan saja, itu pasti kita tindak," tegas Arifin.

Baca juga : PSBB Transisi, 1.221 Warga Jakarta Didenda tidak Pakai Masker

Di sisi lain bagi masyarakat yang berolahraga, Arifin menyebut pemakaian masker tetap diperlukan. Namun, ia menyarankan agar masker sesekali dilepas selama beberapa menit untuk menghirup udara.

"Saya juga bersepeda tetapi bukan berarti saya tidak pakai masker. Tetap pakai masker tapi ada masanya memang masker itu dilepas, beberapa menit, tidak perlu lama untuk menghirup udara. Setelah itu dipakai lagi," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan sebelumnya pihaknya sudah bertemu dengan asosiasi atle sepeda, atlet atletik, dan dokter olahraga. Dari pertemuan itu, Anies menegaskan menggunakan masker diperbolehkan saat olaharaga.

"Namun ada ketentuan saat memang kelelahan atau sudah merasa nafas ternegah-engah maka wajar masker dilepas, minimal tiap 15 menit sekali saat berolahraga. Itu untuk menghirup udara lalu setelah itu dipakai lagi," ujarnya.(OL-7)

Baca Juga

Dok MI

Polisi Periksa Rekan Kerja dan Kawan Yodi Prabowo

👤Jufriansyah 🕔Jumat 10 Juli 2020, 22:59 WIB
"Tadi autopsi sudah selesai hasil nanti dikirim, nanti kita lihat perkembangannya," kata...
MI/ Andri Widiyanto

Netizen Bela Kualitas Bus Listrik Transjakarta dari Tiongkok

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 10 Juli 2020, 22:33 WIB
"Sayang sekali ada yang menyudutkan TJ soal bus dari China. Bos, produksi Bus Listrik di Dunia itu 99% saat ini memang datangnya dari...
Antara

Pelayanan Publik di DKI Diminta Tetap Prima Saat Pandemi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 10 Juli 2020, 21:07 WIB
Pelayanan yang diberikan kepada warga adalah pelayanan terintegrasi, terkoordinasi, cepat, dan tanpa ada pungutan-pungutan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya