Mesin Peramban Ramah Anak

Penulis: (techtimes.com/M-5) Pada: Sabtu, 05 Mar 2016, 07:40 WIB Teknologi
Mesin Peramban Ramah Anak

DOK OPEN SPACES

KINI orangtua tidak perlu khawatir bila anak menggunakan mesin peramban. Pasalnya, kini Google menyediakan mesin peramban khusus untuk anak bernama Kiddle. Dengan menampilkan warna logo terkenal Google, Kiddle menggunakan latar belakang bertema angkasa luar, lengkap dengan planet dari kejauhan, robot alien di bawah kolom pencarian. Kiddle mengizinkan anak-anak mencari situs, gambar, berita, atau video. Ketika anak memasukkan kata pencarian, Kiddle akan mengeluarkan link yang berhubungan. Tiga hasil pertama akan memasukkan situs dan halaman yang aman khusus untuk anak yang dipilih dan dicek secara langsung oleh editor. Hasil pencarian keempat hingga tujuh menghadirkan situs yang memiliki konten yang ditulis dengan bahasa sederhana hingga anak-anak memahami penelitiannya.

Hasil ke delapan dan seterusnya, termasuk situs untuk orang dewasa yang difilter oleh Google Safe Search, tapi agak sulit dipahami anak-anak. "Sejak hasil Kiddle yang baik dipilih sendiri dan diperiksa oleh editor atau disaring oleh Google pencarian aman, Anda tahu Anda mendapatkan hasil anak-berorientasi tanpa konten eksplisit. Dalam beberapa kasus kata-kata buruk yang hadir dalam permintaan pencarian, penjaga robot kami akan memblokir pencarian," seperti yang tertulis dalam halaman Kiddle.

Orangtua juga bisa melakukan pemblokiran dengan mengisi formulir untuk memblokir situs yang mereka nilai tidak cocok untuk anak-anak. Selain itu, tampilan dari Kiddle lebih menggunakan ilustrasi dan font yang lebih besar sehingga anak-anak bisa membaca lebih baik. Mesin peramban itu juga tidak mengumpulkan informasi personal dan membersihkan kata pencarian setiap 24 jam.

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More