Sabtu 27 Juni 2020, 14:30 WIB

Jumlah Kasus Covid di Kalsel hampir Tembus 3.000

Denny Susanto | Nusantara
Jumlah Kasus Covid di Kalsel hampir Tembus 3.000

Antara
Jumlah kasus virus korona di Kalsel diprediksi meningkat seiring gencarnya pemeriksaan di sana.

 

JUMLAH kasus positif virus korona di Kalimantan Selatan (Kalsel) terus bertambah dan mendekati angka 3.000 kasus. Ikut terpaparnya puluhan orang tenaga kesehatan menjadi keprihatinan Pemprov Kalsel.

Berdasarkan data Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Korona Kalsel hingga Sabtu (27/6), jumlah kasus positif virus korona di wilayah tersebut sudah mencapai 2.876 kasus atau mendekati angka 3.000 kasus. "Jumlah warga yang terpapar virus korona terus bertambah. Kemarin ada penambahan 41 kasus baru sehingga total kasus positif covid di Kalsel menjadi 2.876 kasus," ungkap Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Korona Kalsel, Muslim.

Menurut Muslim angka kasus positif virus korona ini diperkirakan akan terus bertambah seiring semakin gencarnya upaya penelusuran kasus terduga covid di lapangan oleh petugas. Gugus tugas sendiri memprediksi ada 6.000 kasus positif virus korona yang tersebar di 13 kabupaten/kota.

"Sesuai skenario gugus tugas upaya penelusuran terduga covid di lapangan akan kita masifkan hingga Juli mendatang sehingga kemungkinan besar kasus positif covid akan terus bertambah. Ini merupakan upaya kita memutus rantai penyebaran virus korona di lapangan," tuturnya.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyatakan keprihatinan atas semakin banyaknya kasus positif virus korona yang menyerang warga Kalsel termasuk para tenaga kesehatan. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kalsel mencatat ada 35 orang dokter terpapar virus korona dan tiga diantaranya meninggal dunia. Jumlah ini belum termasuk tenaga kesehatan seperti perawat, karyawan dan mereka yang bekerja di lingkungan rumah sakit maupun pusat layanan kesehatan lainnya.

Saat ini jumlah kasus positif virus korona di Kalsel sudah mencapai 2.876 kasus. Dari jumlah tersebut 578 orang berhasil disembuhkan dan 178 orang meninggal dunia. Masih ada 2.120 orang yang kini masih dirawat di rumah sakit dan lokasi karantina khusus sejumlah daerah.

Banjarmasin menyumbang terbanyak kasus covid yaitu sebanyak 1.238 orang, disusul Kabupaten Banjar 315 orang, Kabupaten Barito Kuala 254 orang dan Kabupaten Tanah Laut 226 orang. (OL-13)

Baca Juga: Kasus Baru Covid-19 di Tiongkok Naik, Termasuk 17 di Beijing

Baca Juga

Antara

Per Hari, Rerata 125 Orang Positif Korona di Sumut

👤Yoseph Pencawan 🕔Jumat 10 Juli 2020, 22:49 WIB
Lonjakan kasus positif dalam tiga hari terakhir sangat tidak sebanding dengan jumlah pasien sembuh yang hanya rata-rata 11 orang setiap...
MI/Gabriel Langga

Biaya Rapid Test di Manggarai Barat Mahal

👤John Lewar 🕔Jumat 10 Juli 2020, 21:30 WIB
Para pelajar dan masyarakat umum di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur (NTT) mengeluhkan mahalnya biaya rapid test yang...
MI/Dwi Apriani

Ratusan Nelayan Muba Diverifikasi Kemen ESDM Konversi BBM ke BBG

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 10 Juli 2020, 20:15 WIB
Verifikasi itu bagian dari program konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya