Sabtu 27 Juni 2020, 14:10 WIB

Pelindo 1 Rampungkan Pemugaran TMP Raden Sulian di Belawan

Yoseph Pencawan | Nusantara
Pelindo 1 Rampungkan Pemugaran TMP Raden Sulian di Belawan

Dok. Humas Pelindo 1
Kolase foto sebelum dan sesudah pemugaran Taman Makam Pahlawan (TMP) Raden Sulian di Belawan, Kota Medan.

 

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero), atau Pelindo 1, telah menyelesaikan kegiatan pemugaran Taman Makam Pahlawan Raden Sulian yang berada di Jalan Hiu, Kelurahan Belawan Bahagia, Kecamatan Medan Belawan.

Manager Umum Pelindo 1 Cabang Belawan Khairul Ulya mengatakan, pihaknya bersama dengan Kodim 0201/BS telah menyelesaikan perbaikan dan pemugaran Taman Makan Pahlawan (TMP) Raden Sulian.

"Kami telah membantu pemugaran taman makam pahlawan ini secara bertahap mulai 2019," ujarnya, Sabtu (27/6).

Dukungan pemugaran tersebut menurut dia merupakan bentuk sinergi Pelindo 1 bersama dengan instansi lain dalam mengembangkan wilayah kerja perusahaan. 

Pelindo 1 berharap pemugaran ini bisa membuat TMP Raden Sulian menjadi pemakaman yang lebih baik dan memberi kenyamanan bagi siapa saja yang berziarah.

Lebih rinci, VP Public Relations Pelindo 1 Fiona Sari Utami menjelaskan, sebelum dipugar, areal TMP Raden Sulian sering digenangi banjir. Selain itu tidak sedikit pula pusara di sana terbenam rata dengan tanah.

Pelindo 1 membantu membangun dan merehab seluruh areal pemakaman. Di awali dengan meninggikan permukaan lahan perkuburan hingga lebih dari 100 cm agar tidak rentan digenangi banjir.

Lalu mereka membangun kembali pusara-pusara dengan corak yang sama. Tembok juga dibangun mengelilingi areal pemakaman yang terdiri dari 85 pusara tersebut.

Baca juga: Bali Komitmen Edukasi Pasar Tradisional Cegah Transmisi Lokal

Berbagai kegiatan pemugaran dan pembangunan yang lain di antaranya pemasangan batu granit serta pengecatan seluruh pagar tembok luar dan dalam TMP. Kemudian pembuatan batu prasasti, pintu besi, tiang bendera serta pembangunan akses jalan untuk peziarah.

Sebenarnya, kata Fiona, kegiatan pemugaran dilakukan dengan empat tahap yang dimulai pada November 2019 sampai dengan empat bulan berikutnya. Namun merebaknya pandemi Covid-19 membuat pengerjaan sempat terhenti dan baru selesai di penghujung Mei 2020.

Sama dengan TMP Bukit Barisan di Jl. Sisingamangaraja, Medan, pengelolaan TMP Raden Sulian berada di bawah koordinasi Kodim dan Dinas Sosial Sumut. TMP Raden Sulian sebenarnya mulai ada sejak tahun 1963 yang mana ketika itu kawasan Belawan masih menjadi bagian dari wilayah Kabupaten Deliserdang. (A-2)

Baca Juga

Mi/Hijrah Ibrahim

NPHD Belum Cair 100%, Mendagri Ancam Copot Kepala Daerah di Malut

👤Hijrah Ibrahim 🕔Jumat 10 Juli 2020, 07:11 WIB
Selain tidak hadirnya sejumlah kepala daerah, ditemukan belum seluruhnya kabupaten/kota yang menggelar pilkada serentak mentransfer seluruh...
haryanto mega

Limbah masih Mengalir di Bengawan Solo

👤(HT/N-2) 🕔Jumat 10 Juli 2020, 06:00 WIB
SUDAH enam bulan peringatan dilontarkan Ganjar Pranowo. Ia minta semua perusahaan di sepanjang bantaran Sungai Bengawan Solo memperbaiki...
Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)

Pembangunan Infrastruktur Terus Berjalan di Tengah Pandemi

👤(DY/MY/AT/N-2) 🕔Jumat 10 Juli 2020, 05:50 WIB
DENGAN datang mendadak, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono membuat para pekerja proyek pembangunan Jembatan Sei...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya