Stt... Khusus Perempuan

Penulis: MI/Hera Khaerani Pada: Sabtu, 05 Mar 2016, 07:23 WIB Teknologi
Stt... Khusus Perempuan

www.googaga.co.id

SETIAP orang membutuhkan hal yang berbeda. Demikian juga bicara tentang teknologi. Apa yang dibutuhkan perempuan terkadang berbeda dengan yang dibutuhkan laki-laki. Nah, jelang perayaan Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada Selasa (8/3), berikut ini ulasan Media Indonesia tentang situs dan aplikasi yang direkomendasikan untuk perempuan. Tak hanya aplikasi mendukung gaya hidup dan mengatur keuangan, tetapi ada juga situs-situs inspiratif yang menunjukkan perempuan bisa berdaya dan melakukan segala yang nyaris dianggap mustahil.

www.prettyhandygirl.com
Sedari belia, Brittany terbiasa mengangkat palu di dalam rumahnya di Virginia. Orangtuanya akan membiarkan dia membantu membangun atau memperbaiki tempat tinggal mereka. "Mereka menanamkan keyakinan saya bisa melakukan apa pun yang bisa dilakukan anak lelaki," ungkap sulung dari tiga perempuan bersaudara itu. Keyakinan itu terus dipeliharanya hingga tumbuh menjadi kontraktor, desainer grafis, web desainer, fotografer, dan seniman. Di dunia maya, dia lebih dikenal sebagai Pretty Handy Girl. Selain karena situs yang bernama www.prettyhandygirl.com, julukan itu tepat disematkan pada perempuan yang suka melakukan segalanya sendiri, termasuk pekerjaan-pekerjaan yang identik dengan pria. Menyusuri situsnya, Anda akan menemukan banyak petunjuk do it yourself (DIY). Di penghujung Februari misalnya, dia memberi petunjuk cara membuat lampu gantung yang bekerlip dengan memodifikasi keranjang sampah. Tak hanya untuk dekor, situs itu juga memberi panduan untuk memperbaiki rumah, kerajinan tangan, dan menjahit. Ada banyak panduan yang membantu menghemat dalam mewujudkan rumah impian. "Mantra saya adalah jika orang lain bisa melakukannya, maka ada peluang 95% saya bisa melakukannya juga! Sebagai perempuan, saya menolak untuk tunduk pada stereotip perempuan tidak memiliki tangan yang terampil," tulisnya dalam situs.

www.googaga.co.id
Annisa Kuntadi dan Maria Tambunan telah bersahabat sejak SMA. Menjadi ibu muda dan menyadari betapa menantangnya usaha mencari keperluan bayi yang berkualitas, mendorong keduanya membuat www.googaga.co.id pada 2015. Situs itu menyajikan pakaian dan perlengkapan anak-anak serta mainan, khusus buatan lokal. Belakangan, situs itu dikembangkan memberikan informasi seputar aktivitas yang bisa dilakukan orangtua dengan buah hati mereka. "Anak-anak cepat sekali tumbuh jadi sayang sekali bila harus membeli barang impor yang mahal, apalagi setelah membuat situs ini, kami menyadari banyak produk lokal yang berkualitas," ujar keduanya ketika ditemui di Jakarta, Senin (22/2). Mereka berharap situs belanja daring mereka bisa turut memberdayakan pengusaha perempuan Indonesia untuk mewujudkan mereknya sendiri tanpa mengorbankan hal yang terpenting, yakni waktu bersama keluarga. Uniknya, kebanyakan pakaian dan perlengkapan anak itu dibuat usaha kecil dan menengah yang diinisiasi perempuan. Nah, mungkin ibu-ibu yang hendak membeli perlengkapan buah hatinya bisa mengintip situs ini, sekalian mendukung pemberdayaan perempuan Indonesia lainnya!

Stylebook
Setiap hari, banyak perempuan menghabiskan waktunya memilih apa yang akan dipakainya. Dengan isi lemari yang penuh dan berantakan, tantangan untuk tampil memukau bisa sangat membuat frustrasi. Jika Anda mengalami masalah ini, cobalah aplikasi Stylebook. Lemari virtual ini membantu Anda mengatur segalanya, mulai dari pakaian favorit, ukuran, dan inspirasi gaya. Caranya mudah saja, cukup memotret pakaian, sepatu, bahkan aksesori yang Anda miliki. Simpan semuanya dalam kategori yang berbeda. Untuk mendapat inspirasi tampilan, semuanya bisa dipadupadankan. Kolase foto yang dibuat berdasarkan pakaian yang dimiliki, bisa disimpan dalam daftar penampilan yang rencananya akan digunakan keesokan hari atau lain kali. Hal ini menjadikan kombinasi pakaian jadi lebih mudah. Ada juga fitur kalender sehingga pengguna bisa mencatat pakaian apa yang telah digunakannya di hari-hari tertentu. Ini memastikan agar kita tidak menggunakan pakaian yang sama setiap pekan. Sayangnya, aplikasi Stylebook baru tersedia di App Store.

Uang Ku-Expense Tracker
Di rumah, perempuan kerap didaulat menjadi manajer keuangan. Aplikasi Uang Ku bisa membantu dalam mencatat semua pendapatan, pengeluaran, dan tabungan. Semua detailnya ditampilkan dalam grafik sehingga memudahkan untuk melihat pengeluaran paling besar, juga kenaikan atau penurunan pengeluaran tiap bulannya. Di versi terbarunya, ada juga penambahan kategori donasi.

Period Tracker
Kedatangan tamu bulanan di saat yang tidak terduga bisa mengacaukan hari perempuan manapun, baik karena tidak menyiapkan pembalut, tidak siap dengan gejolak mood akibat perubahan hormon, maupun sebagainya. Aplikasi Period Tracker bisa membantu mengingatkan Anda jelang kedatangan tamu bulanan tersebut. Bahkan, bagi perempuan yang siklusnya tidak teratur, aplikasi ini bisa membantu mencatat pola haid dan bisa menjadi bahan konsultasi ke dokter. (M-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More