Sabtu 27 Juni 2020, 13:45 WIB

​​​​​​​BNPP: Pemerintah Fokus Perkuat Perbatasan

Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum
​​​​​​​BNPP: Pemerintah Fokus Perkuat Perbatasan

ANTARA/AGUS ALFIAN
WNI dari Sarawak Malaysia memasuki tenda disinfektan di pintu kedatangan Pos Lintas Batas Negara Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalbar

 

PLT. Serkertaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Suhajar Diantoro, mengatakan bahwa pemerintah terus melakukan pembangunan di wilayah-wilayah perbatasan. Mulai dari infratruktur, sarana prasarana, sumber daya manusia, dan ekonomi.

“Fokus kami diperbatasan saat ini adalah fokus terutama pada pulau-pulau yang strategis,” ujar Suhajar, dalam webinar berjudul Perbatasan, Pancasila, dan Pandemi, Institute for Border Studies-Millennial Think Tank (IBS-MTT), Sabtu, (27/6).

Kecamatan perbatasan kita yang difokuskan 222. Kita akan terus membangun pos lintas batas negara. Kita juga akan menyelesaikan segmen-segmen batas kita di darat dan laut.

Baca juga: Bea Cukai Merauke Sosialisasi Tupoksi ke Satgas Perbatasan RI-PNG

Diungkapkan Suhajar, ada 222 kecamatan perbatasan yang akan fokus dikembangkan oleh pemerintah hingga 2024 mendatang. Sebelumnya sejak 2015-2019 pemerintah juga melakukan pembangunan di infrastruktur dan sarana prasarana di 187 kecamatan lokasi perbatasan prioritas.

Suhajar juga mengatakan bahwa saat ini pemerintah tengah mengupayakan pembangunan pos-pos lintas batas. Di mana hingga saat ini baru ada 7 pos lintas batas di seluruh Indonesia.

“Sedang dibangun lagi 1 di Merauke. Selanjutnya ditargetkan akan ada sampai 26 pos di akhir 2024. Hingga akhir 2020 ditargetkan akan ada 18,” ujar Suhajar. (A-2)

 

Baca Juga

 MI/Susanto

Pemilu Serentak Gagal Capai Tujuan

👤Putri Rosmalia Octaviyani 🕔Minggu 12 Juli 2020, 12:41 WIB
Banyak hal yang diasumsikan akan terlaksana dengan pemilu serentak ternyata berjalan sebaliknya. Salah satunya soal efek ekor...
MI/RAMDANI

Terkait E-KTP Joko Tjandra, Lurah Grogol Selatan Dinonaktifkan

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 12 Juli 2020, 11:00 WIB
Laporan investigasi Inspektorat sudah selesai dan jelas terlihat bahwa yang bersangkutan telah melanggar prosedur penerbitan e-KTP...
ilustrasi

Penganiayaan WNI ABK Lu Huang Yuan Yu Pakai Benda Tumpul

👤Kautsar Bobi 🕔Minggu 12 Juli 2020, 09:17 WIB
Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Ferdy Sambo mengatakan luka memar yang ada pada tubuh Hasan diakibatkan benda...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya